IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANIS DI SMA 45 PURWODADI PASURUAN

Mohammad Rouf, 201686010071 (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANIS DI SMA 45 PURWODADI PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010071_BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010071_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010071_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010071_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010071_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010071_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010071_COVER DEPAN.pdf

Download (597kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010071_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang yang berasal dari lingkungan keluarga yang kurang memperhatikan perkembangan anak karena kesibukan pekerjaan, sehingga banyak anak-anak yang berperilaku menyimpang dari nilai-nilai kemanusiaan. Guru di sekolah dituntut untuk memperbaiki kepribadian siswa melalui pendidikan. Tujuannya agar anak merasa diakui, diperhatikan, dan dikasihi. Sehingga peserta didik dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada pada dirinya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab rumusan masalah berikut: 1) Bagaimana implemntasi pendidikan humanis di SMA 45 Purwodadi Pasuruan ?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan humanis di SMA 45 Purwodadi Pasuruan ?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini berupa uraian kata-kata, bukan angka atau diagram. sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara. Implementasi pendidikan humanis dalam hal ini diterapkan melalui model pembelajaran aktif, kegiatan sosial, pendampingan, dan pembinaan. Ke empat hal tersebut saling berkesinambungan satu sama lain untuk mewujudkan pendidikan humanis. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan humanis ini ialah pola pikir siswa yang orientasinya ke depan serta mengikuti perkembangan zaman, perhatian dari komite sekolah, kurangnya tenaga pendidik, wawasan akan teori pendidikan humanis, kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pembelajaran, kemudian adanya sikap siswa yang tertutup. Solusi yang disarankan untuk problematika tersebut ialah perekrutan tenaga pendidik, pelatihan untuk pendidik, serta membangun kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ROU I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. H. Saifulah, MHI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 19 Aug 2020 10:08
Last Modified: 02 Mar 2022 06:33
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item