Metode Pembelajaran Discovery LEARNING Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Avisana Kedungcangkring Jabon Sidoarjo

M. Asif Hidayatulloh, 201686010037 (2020) Metode Pembelajaran Discovery LEARNING Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Avisana Kedungcangkring Jabon Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010037_BAB I.pdf

Download (904kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010037_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010037_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010037_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010037_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010037_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010037_COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
201686010037_LAMPIRAN.pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi karena rendahnya dan kemudian hasil belajar siswa yang kurang efektif. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran pendidikan agama Islam yang disebabkan penyampain materi yang telah diterangkan oleh guru sehingga pelajaran menjadi membosankan siswa menjadi pasif, ramai, dan samapai-samapai banyak tertidur di ruang kelas ketika memgikuti pelajaran berlangsung. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VII dan VIII SMP Avisna Kedungcangkring Jabon Sidoarjo. 1). Apa metode pembelajaran Discovery LEARNING dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam di SMP Avisena Kedungcangkring Jabon Sidoarjo? 2). Bagaimana Implementasi metode pembelajaran Discovery LEARNING dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam di SMP Avisena Kedungcangkring Jabon Sidoarjo? 3). Apa faktor pendukung dan penghambatnya metode pembelajaran Discovery LEARNING dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam di SMP Avisena Kedungcangkring Jabon Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dalam penelitian ini ada dua meliputi data primer, dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan teknik (a) wawancara mendalam, (b) observasi partisipan, dan (3) studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data temuan dilakukan dengan (a) triagulasi sumber, (b) triangulasi waktu, dan (c) triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) Metode Discovery LEARNING dalam mempelajari agama Islam bisa meningkatkan siswa berpontensi dalam memahami agama Islam dan meningkatkan prestasi keagamaan. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan lagkah-langkah 2). Kelebihan dari model Discovery LEARNING yaitu dapat melatih siswa belajar secara mandiri, melatih kemampuan be alar siswa, serta melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran untuk menemukan sendiri dan memecahkan masalah tanpa bantuan orang lain. 3). Kekurangan dari model Discovery LEARNING yaitu menyita banyak waktu karena mengubah cara belajar yang biasa digunakan, dalam artian guru (pendidik) harus benar-benar sudah siap untuk memahamkan materi yang sudah diterapkan ketika pelajaran berlangsung

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 HID M
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Asrul Anan, S.Ag.,M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 24 Aug 2020 08:07
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item