Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Studi Eksperimen Di SMKN 1 Purwosari

Nisa Ul Maghfiroh, 201686010068 (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Studi Eksperimen Di SMKN 1 Purwosari. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010068_BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010068_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010068_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010068_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010068_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010068_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010068_COVER DEPAN.pdf

Download (830kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010068_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penggunaan atau implementasi strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is a Teacher Here. 2) Untuk mengetahui indikator motivasi belajar siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is a Teacher Here pada mata pelajaran PAI. 3) Untuk mengetahui dan memahami pengaruh dari strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is a Teacher Here terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Purwosari dengan menggunakan studi eksperimen. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu pretest posttest control. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan cara pemilihan langsung. Berdasarkan hasil penyempelan tersebut, kelas X TKJ 1 ditetapkan sebagai kelas kontrol dan kelas X MM 2 ditetapkan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes objektif pilihan ganda. Reliabilitas intrumen dihitung dengan melihat Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Uji prasyarat analisis skor pretest dan posttest kedua kelompok menghasilkan distribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji-t data posttest motivasi belajar siswa pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, menghasilkan nilai thitung 6,880 dengan df = 65; dan p sebesar 0,000 dengan p lebih kecil dari 0,05 (p = 0,02 < 0,05) Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen, diperoleh nilai thitung -13,328 dengan p lebih kecil dari 0,05 (p = 0,00 < 0,05) dan df 56. Hasil penelitian menunjukkan pada kelompok kontrol mengalami peningkatan skor rata-rata sebesar 2,00, sedangkan pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan sebesar 7,12. Dapat disimpulkan bahwa strategi Everyone is a Teacher Here berpengaruh pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X MM 2 dan X TKJ 1 SMKN 1 Purwosari

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 MAG P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAchmat Mubarok, S.PdI., M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Thesis advisorNisa Ul Maghfiroh (201686010068), ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 06 Dec 2020 13:15
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item