MODEL PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYAIKH UMAR BIN AHMAD BARADJA DALAM KITAB AL-AKHLAK LIL BANIN

Wahyu Wijayanti, 201686010035 (2020) MODEL PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYAIKH UMAR BIN AHMAD BARADJA DALAM KITAB AL-AKHLAK LIL BANIN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010035_BAB I.pdf

Download (658kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010035_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010035_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010035_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010035_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010035_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (COVERDEPAN.pdf)
201686010035_COVERDEPAN.pdf

Download (664kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010035_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB)

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu upaya penanaman nilai jangka panjang bagi keluarga maupun Negara yang sangat bermakna, pendidikan yang bermakna merupakan upaya dalam membantu anak didik untuk memperdayakan potensi yang dimilikinya sebagai bekal hidup di masa yang akan datang, serta untuk memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat yang hakiki. Dalam pencapaian kebahagiaan hakiki maka perlu adanya pendidikan Islam, karena memiliki tujuan yang menjadikan tonggak dalam membentuk akhlak dan budi pekerti yang akan menghasilkan orang-orang berjiwa besar, bermoral, berkemauan keras, cita-cita besar, dan memiliki akhlak yang tinggi serta luhur. Adapun problematika saat ini banyak tindakan asusila yang dilakukan anak-anak muda seperti, berbicara kasar terhadap orang tua, membantah perintah orang tua dan menyalahgunakan INTERNET. Selain itu anak-anak pada zaman sekarang lebih senang datang ke acara hiburan dibandingkan dengan acara keagamaan. Terkadang hal itu terjadi juga karena faktor pendidikan dari keluarga yang masih belum bisa mendidik anaknya dengan baik dan benar sesuai ajaran Rasulullah SAW. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Model pendidikan Akhlak, (2) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab al-Akhlak lil Banin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian ini ada dua meliputi data primer, dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan teknik (1) mencari data, (2) mengumpulkan data baik dari sumber primer maupun skunder, (3) membuat ringkasan. Teknik analisis data meliputi analisis isi, metode deduktif, dan metode komparatif. Pengecekan keabsahan data temuan dilakukan dengan ketekunan dan trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: 1) Model pendidikan akhlak menurut Syaikh Umar bin Ahmad Baradja dalam kitab al-Akhlak lil Banin meliputi; (a) Model cerita, (b) Model teladan, (c) Model Pembiasaan. Sedangkan Nilai-nilai pendidikan akhlak menurut Syaikh Umar bin Ahmad Baradja dalam kitab al-Akhlak lil Banin meliputi; (a) Nilai Illahiyah di antaranya, Akhlak terhadap Allah SWT. Akhlak terhadap Rasulullah SAW. Akhlak terhadap sesama manusia yang meliputi, Akhlak terhadap orang tua, saudara, kerabat, pelayan, tetangga, guru, dan teman. (b) Nilai Insaniyah yaitu akhlak terhadap diri sendiri yang meliputi, adab ketika berjalan, duduk, berbicara, makan, minum, berkunjung, meminta izin, berta'ziyah, bepergian, berpakaian, tidur dan adab istikharah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.5 WIJ M
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMUHAMMADA, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 29 Oct 2020 11:54
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item