Implementasi Pendidikan Life Skill Melalui Fun Friday Class Pada Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan)

Fitri Nur Islamiyah, 201686010028 (2020) Implementasi Pendidikan Life Skill Melalui Fun Friday Class Pada Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010028_BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010028_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010028_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010028_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010028_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010028_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010028_COVER DEPAN.pdf

Download (582kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010028_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)

Abstract

Pendidikan life skill merupakan pendidikan yang orientasi dasa ya membekali keterampilan peserta didik yang menyangkut personal skill, sosial skill, akademik skill, dan vokasional skill. Sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam, Pesantren dianggap mampu memberi jawaban atas kebutuhan masyarakat yang tentunya seorang santri harus bisa membaca wacana dalam kehidupan. Untuk mewujudkan harapan masyarakat maka Pesantren harus bisa mengimplementasikan pendidikan life skill sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat. Pondok Pesantren Ngalah merupakan salah satu Pesantren yang saat ini mengimplementasikan pendidikan life skill santri dengan melalui program fun friday class yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan skill santri dan mengembangkan kreatifitas dan bakat santri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan life skill melalui fun friday class pada santri di Pondok Pesantren Ngalah yang meliputi pendidikan life skill santri, implementasi pendidikan life skill santri, dan faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini ada dua meliputi data primer, dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan teknik (1) observasi partisipan, (2) wawancara, dan (3) studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data temuan dilakukan dengan (1) triagulasi sumber, dan (2) triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Pendidikan kecakapan hidup (life skill) santri melalui program fun friday class di Pondok Pesantren Ngalah adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran di Pondok Pesantren agar para santri secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kecakapan hidup. (2). Implementasi terdiri dari a. aspek personal skill, b. aspek sosial skill, c. aspek akademik skill, dan d. aspek vokasional skill. (3). Faktor pendukung, meliputi: Pengembangan wawasan, kreatifitas dan bakat santri. Pengulangan materi pembelajaran. Melatih public speaking santri. Adapun faktor penghambat pendidikan life skill santri melalui fun friday class di Pondok Pesantren Ngalah adalah kurangnya waktu pembelajaran, dan rendahnya minat santri dalam mengikuti program fun friday class

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ISL I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. ASRUL ANAN, S.Ag., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 27 Sep 2020 09:06
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item View Item