PERAN GURU MADRASAH DINIYAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN HADRAH AL-BANJARI DI MADRASAH DINIYAH AN-NUR PUNTIR

Bahrur Roji, 201586010071 (2020) PERAN GURU MADRASAH DINIYAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN HADRAH AL-BANJARI DI MADRASAH DINIYAH AN-NUR PUNTIR. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201586010071_BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201586010071_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201586010071_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201586010071_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201586010071_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201586010071_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201586010071_COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201586010071_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)

Abstract

Pendidikan karakter sering diperbincangkan di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini sepertinya muncul dari kegelisahan dan keprihatinan semua komponen bangsa ini terhadap berbagai kasus negatif yang terjadi, yang mana semua hal tersebut berawal dari kurang atau bahkan buruknya karakter positif seseorang seseorang. Pendidikan karakter merupakan ALTERNATIF yang dilakukan untuk mempertahankan nilai-nilai luhur yang telah diajarkan oleh para leluhur bangsa ini. Salah satu lembaga pendidikan yang mengedepankan pendidikan karakter adalah madrasah diniyah. Madrasah diniyah yang merupakan miniatur pendidikan pesantren memiliki visi dan misi mencetak generasi yang memiliki kemampuan spiritual, sosial, serta intelektual yang baik. Tujuan penelitian, yaitu: 1) Mendeskripsikan peran guru madrasah diniyah dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan hadrah al-Banjari di madrasah diniyah an-Nur Puntir. 2) Memahami dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan hadrah al-Banjari di madrasah diniyah an-Nur Puntir. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif-analitis. Data yang diperoleh berasal dari hasil pengamatan, wawancara, pemotretan, analisis dokumen, catatan lapangan, dsb tidak disajikan oleh penliti dalam bentuk angka-angka. Hasil analisis data berupa pemaparan mengenai situasi yang diteliti dan disajikan dalam bentuk analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran guru madrasah diniyah dalam implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan hadrah al-Banjari di madrasah diniyah an-Nur Puntir adalah sebagai berikut: (a) sebagai pengajar musik dan lagu shalawat, (b) sebagai pendidik yang membina karakter kepribadian para santri, (c) sebagai fasilitator para santri dalam belajar hadrah al-banjari, 2) adapun nilai-nilai karakter yang ditanamkan kepada para santri melaui kegiatan hadrah al-Banjari meliputi: (a) religius, (b) nasionalis, (c)mandiri, dan (d) gotong royong, 3) dalam kegiatan hadrah al-Banjari di madrasah diniyah an-Nur Puntir terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung meliputi: (a) sarana dan prasarana yang cukup memadai, (b) respon positif dari masyarakat sekitar madrasah, sedangkan faktor penghambat meliputi: (a) ada satu alat musik hadrah yang rusak, (b) kondisi musholla yang tidak nyaman ketika turun hujan, (c) ada beberapa santri yang kesulitan dalam menghafal aransemen musik hadrah, (d) ada sebagian kecil masyarakat yang memberikan respon negatif, (e) adanya wabah virus covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.102 ROJ P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Achmad Yusuf, S.PdI, M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 05 Nov 2020 07:34
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item