PENANGGULANGAN BULLYING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (MENURUT PEMIKIRAN ABD. RACHMAN ASSEGAF)

Fadilatul Lailiyah, 201686010027 (2020) PENANGGULANGAN BULLYING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (MENURUT PEMIKIRAN ABD. RACHMAN ASSEGAF). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010027_BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010027_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010027_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010027_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010027_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010027_COVER DEPAN.pdf

Download (688kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010027_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penanggulangan Bullying Dalam Perspektif Pendidikan Islam. (Menurut Pemikiran Abd. Rachman Assegaf). Latar belakang penelitian ini adalah dewasa ini sering terjadi tindakan kekerasan yang terjadi di sekolah. Beberapa kasus terjadi hingga meninggal. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang seharusnya menjadi tempat bagi anak untuk menimba ilmu untuk terbentuknya akhlak dan rumah kedua yang aman dan nyaman bagi anak malah menjadi tempat pertama dalam terbentuknya kekerasan. Penanggulangan Bullying Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Menurut Pemikiran Abd. Rachman Assegaf) menjelaskan mulai dari konsep kekerasan dalam pendidikan hingga memberikan solusi sesuai pendidikan Islam yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), dengan membahas cara menanggulangi bullying dalam karya ilmiah dengan tema “Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus Dan Konsep� Karya: Abd. Rahman Assegaf. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan penekanan pada pembahasan isi yang terkandung dalam buku. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan dianalisis dengan cara konseptual. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) bullying atau biasa disebut dengan kekerasan dalam pendidikan didefinisikan sebagai tindakan menggunakan tenaga dan kekuatan untuk melukai orang lain atau kelompok lain secara verbal, fisik ataupun secara psikologis dan menyebabkan korban merasa tertekan dan tak berdaya. 2) Praktek bullying terjadi karena adanya pelanggaran yag disertai hukuman, buruknya sistem dan kebijakan pendidikan, pengaruh tayangan, dan lingkungan, bullying merupakan refleksi dari pergeseran kehidupan yang cepat, faktor sosial ekonomi. 3) penanggulangan bullying perspektif pendidikan Islam yaitu: menjelaskan pentingnya nilai humanisme dalam pendidikan Islam. Metode pendidikan Islam dengan cara metode amaliyah, metode amar ma'ruf nahi munkar, metode nasehat, metode kisah, metode uswah hasanah, metode hiwar, metode rihlah, metode tarhib wa targhib. Serta juga etika dalam pendidikan Islam yaitu sarat dengan nilai kasih sayang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.87 LAI P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammad Nur Hadi, S.Ag.,M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 04 Dec 2020 13:27
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item