Nurul Inayah, 201686010049 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS II DI MI AL-ISHLAHIYYAH DESA SAMBISIRAH KECAMATAN WONOREJO KABUPATEN PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201686010049_BAB I.pdf Download (392kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201686010049_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201686010049_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201686010049_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201686010049_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201686010049_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010049_COVER DEPAN.pdf Download (964kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010049_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (370kB) |
Abstract
Pembelajaran akidah akhlak merupakan pendidikan untuk memberikan kemampuan dan keterampilan dasar kepada peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman akhlak Islami dan nilai-nilai keteladanan dalam kehidupan sehari-sehari dan pembelajaran akidah akhlak sangat erat kaitannya dengan karakter anak anak pembelajaran ini sangat berperan dalam pengembangan kepribadian siswa. Fokus-fokus penelitian antara lain: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pengembangan kepribadian siswa kelas II di MI al-Ishlahiyyah? dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pengembangan kepribadian siswa kelas II di MI al-Ishlahiyyah? Tujaun penelitian antara lain: 1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam pengembangan kepribadian siswa kelas II di MI al-Ishlahiyyah, dan 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam pengembangan kepribadian siswa kelas II di MI al-Ishlahiyyah. Penulis memilih pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Adapun jenis dan sumber data dalam penelitian ini yaitu: 1) Data primer sekolah serata guru aktif MI al-Ishlahiyyah, dan 2) Data sekunder dokumentasi berupa dokumen atau catatan dan foto dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai peneliti terdiri dari tiga tahap yaitu: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data dan 3) Verifikasi dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu antara lain: 1) Guru menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan dan 2) Faktor penghambat antara lain yaitu: a) Siswa masih sangat sulit untuk diatur, b) Tingkat usia kematangan anak, dan c) Kurangnya motivasi, kemudian Faktor pendukung, antara lain: a) Guru yang profesional, b) Sarana prasarana dan c) Lingkungan Madrasah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 297.5 INA I | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Date Deposited: | 26 Dec 2020 13:41 | |||||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:34 | |||||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/656 |
Actions (login required)
View Item |