IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS II DI MI AL-ISHLAHIYYAH DESA SAMBISIRAH KECAMATAN WONOREJO KABUPATEN PASURUAN

Nurul Inayah, 201686010049 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS II DI MI AL-ISHLAHIYYAH DESA SAMBISIRAH KECAMATAN WONOREJO KABUPATEN PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010049_BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010049_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010049_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010049_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010049_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010049_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010049_COVER DEPAN.pdf

Download (964kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010049_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)

Abstract

Pembelajaran akidah akhlak merupakan pendidikan untuk memberikan kemampuan dan keterampilan dasar kepada peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman akhlak Islami dan nilai-nilai keteladanan dalam kehidupan sehari-sehari dan pembelajaran akidah akhlak sangat erat kaitannya dengan karakter anak anak pembelajaran ini sangat berperan dalam pengembangan kepribadian siswa. Fokus-fokus penelitian antara lain: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pengembangan kepribadian siswa kelas II di MI al-Ishlahiyyah? dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pengembangan kepribadian siswa kelas II di MI al-Ishlahiyyah? Tujaun penelitian antara lain: 1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam pengembangan kepribadian siswa kelas II di MI al-Ishlahiyyah, dan 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam pengembangan kepribadian siswa kelas II di MI al-Ishlahiyyah. Penulis memilih pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Adapun jenis dan sumber data dalam penelitian ini yaitu: 1) Data primer sekolah serata guru aktif MI al-Ishlahiyyah, dan 2) Data sekunder dokumentasi berupa dokumen atau catatan dan foto dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai peneliti terdiri dari tiga tahap yaitu: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data dan 3) Verifikasi dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu antara lain: 1) Guru menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan dan 2) Faktor penghambat antara lain yaitu: a) Siswa masih sangat sulit untuk diatur, b) Tingkat usia kematangan anak, dan c) Kurangnya motivasi, kemudian Faktor pendukung, antara lain: a) Guru yang profesional, b) Sarana prasarana dan c) Lingkungan Madrasah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.5 INA I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Muhammada, S.PdI., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Thesis advisorNURUL INAYAH (201686010049), ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 26 Dec 2020 13:41
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item