Klasifikasi Ilmu Dan Urgensinya Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya' Ulumuddin

Nurullayli Rubi'ah, 201686010032 (2020) Klasifikasi Ilmu Dan Urgensinya Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya' Ulumuddin. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010032_BAB I.pdf

Download (603kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010032_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010032_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010032_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010032_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010032_COVER DEPAN.pdf

Download (834kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010032_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

Nurullayli Rubi'ah, 201686010032. Klasifikasi Ilmu Dan Urgensinya Menurut Imam al-Ghazali Dalam Kitab Ihya' Ulumuddin. Skipsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Yudharta Pasuruan. Dosen Pembimbing Muhammad Nur Hadi S.Ag.,M.PdI. Kata kunci: klasifikasi, al-Ghazali, dan Ihya' Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa itu klasifikasi ilmu menurut Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya' ulumuddin.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana klasifikasi ilmu dan alasan dari Imam al-Ghazali dalam pengklasifikasian ilmu menurut Imam al-Ghozali melalui tulisannya yang tertuang dalam kitab Ihya' Ulumuddin. Kemudian penulis mengklasifikasikan ilmu yang mengkaitkan pada zaman masa kini namun tetap mengikuti karya Imam al-Ghozali. Dengan tujuan akhir agar supaya orang tua masa kini tetap memperhatikan pendidikan untuk anakanya dengan tidak menimpangkan sebelah antara ilmu primer dan ilmu sekunder. Penelitian ini termasuk jenis kepustakaan yang mengambil data dari benda mati yang berupa buku atau kitab, dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Data diambil dari kitab Ihya' Ulumuddin karangan Imama al-Ghazali yang merupakan data primer dan dibantu dengan data sekunder yang berupa buku-buku, ju al-ju al dan sikripsi terdahulu yang berkaitan dengan data primer. Serta menggunakan teknik Content Analysis dalam menganalisis data yang berdasarkan isi yang terkandung didalamnya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwasannya Imam al-Ghazali mengklasifikasikan ilmu menjadi dua macam yakni ilmu fardlu ‘ain dan ilmu fardlu kifayah. Yang mana ilmu fardlu ‘ain ini hanya terdiri dari ilmu syar'iyyah dan ilmu fardlu kifayah terdiri dari dua macam yaitu ilmu syar'iyyah dan ilmu ghoiru syar'iyyah. Dan peneliti mengkaitkan dengan zaman masa kini yang sudah terwa ai oleh tren yang berbau kebaratan sehingga khas bangsa sendiri sudah mulai tidak dilihat lagi. Yang termasuk dalam ilmu primer yaitu ilmu keagamaan seperti ilmu kalam, ilmu tasawwuf, dan ilmu syariat. Sedangkan ilmu primer yaitu ilmu cabang dari ilmu sekunder seperti ilmu matematika, ilmu social, ilmu alam, ilmu kesehatan dan ilmu politik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 397.61 RUB K
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammad Nur Hadi, S.Ag., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Thesis advisorNurullayli Rubi'ah (201686010032), ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Adat Istiadat, Etiket, Folklor
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 14 Aug 2020 10:29
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/660

Actions (login required)

View Item View Item