NILAI-NILAI SYARIAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM DARI KISAH WALI SONGO DI BUKU ATLAS WALI SONGO KARYA AGUS SUNYOTO DAN RELEVANSINYA DENGAN KONTEKS INDONESIA MASA KINI

Kurniawan Dindasari Nurdin, 201686010050 (2020) NILAI-NILAI SYARIAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM DARI KISAH WALI SONGO DI BUKU ATLAS WALI SONGO KARYA AGUS SUNYOTO DAN RELEVANSINYA DENGAN KONTEKS INDONESIA MASA KINI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010050_BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010050_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010050_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010050_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010050_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010050_COVER DEPAN.pdf

Download (593kB)
[img] Text (DAFTARA PUSTAKA.pdf)
201686010050_DAFTARA PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
201686010050_LAMPIRAN.pdf

Download (93kB)

Abstract

Nilai syariah pendidikan Islam adalah nilai-nilai yang terkandung dalam aspek syariah pendidikan Islam yakni hal-hal yang berharga, berguna dan menjadi acuan untuk bertingkah laku yang dapat diajarkan dalam pendidikan Islam sebagai acuan hidup dan terdapat bisa ada dalam kisah-kisah kehidupan termasuk kisah Wali Songo. Fokus penelitian: 1) Bagaimana konsep tentang nilai-nilai syariah dalam pendidikan Islam?, 2) Apa sajakah nilai- nilak syariah dalam pendidikan Islam yang terdapat dalam kisah Wali Songo di Buku Atlas Wali Songo?, dan 3) Bagaimana relevansi dengan konteks Indonesia masa kini?. Tujuan: 1) Mendeskripsikan Bagaimana konsep tentang nilai-nilai syariah dalam pendidikan Islam, 2) Mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai- nilai syariah dalam pendidikan Islam yang terdapat dalam kisah Wali Songo di Buku Atlas Wali Songo dan 3) Mendeskripsikan bagaimana relevansinya dengan konteks Indonesia masa kini. Penulis memakai jenis studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Adapun jenis dan sumber data yaitu: 1) Data prime ya: buku adalah buku Atlas Walisongo, dan 2) Data sekunder: buku, skripsi, ju al, al-Qur'an dan al-Hadits relevan. Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil: 1) Nilai syariah pendidikan Islam adalah nilai-nilai yang terkandung dalam aspek syariah pendidikan Islam yakni hal-hal yang berharga, berguna dan menjadi acuan untuk bertingkah laku yang dapat diajarkan dalam pendidikan Islam sebagai acuan hidu, 2) Nilai-nilai syariah pendidikan Islam mencakup nilai ibadah mahdhah, nilai muamalah ibadah (ibadah ghoiru mahdhah) dan muamalah (Dalam arti sempit atau luas), dan 3) Pada umumnya nilai-nilai syariah pendidikan Islam dalam buku relevan dengan konteks Indonesia masa kini dan hanya sedikit yang kurang atau tidak relevan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.61 NUR N
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorACHMAT MUBAROK, S.PdI., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Thesis advisorH. Muhammada, S.PdI., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 26 Dec 2020 12:08
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item