IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TAHFIZHUL QUR'AN JUZ 30 DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA CENDONO PURWOSARI

Titik Mawarsari, 201686010009 (2020) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TAHFIZHUL QUR'AN JUZ 30 DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA CENDONO PURWOSARI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010009_BAB I.pdf

Download (587kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010009_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010009_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010009_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010009_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010009_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010009_COVER DEPAN.pdf

Download (936kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010009_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)

Abstract

Metode adalah bagaimana cara atau teknik menyajikan bahan pelajaran terhadap siswa agar tercapai suatu tujuan yang ditetapkan secara efektif dan efesien. Metode dalam pembelajaran tahfizhul Qur'an juz 30 di MI Miftaul Huda Cendono masih belum menampakkan keteraturan, pelaksanaannya masih klasikal, dan tidak sistematis. Hal ini terlihat dari hasil hafalan siswa dalam setahun masih belum mencapai target yang diharapkan oleh pihak Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Cendono. Dengan adanya penerapan metode drill dalam pembelajaran tahfizhul Qur'an di MI Miftahul Huda Cendono diharapkan siswa bisa lebih mudah menghafal Juz ' amma dengan mudah serta lancar Penelitian ini berfokus pada: 1) Bagaimana metode drill dalam meningkatkan pembelajaran tahfizhul Qur'an juz 30 di MI Miftahul Huda Cendono?; 2) Bagaimana implementasi metode drill dalam meningkatkan pembelajaran tahfizhul Qur'an juz 30 pada siswa di MI Miftahul Huda Cendono?; Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi mengenai pembelajaran tahfizhul Qur'an dengan menggunakan metode Drill selanjutnya direduksi dan diverifikasi serta ditarik kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode drill dalam pembelajaran tahfizh Qur'an juz 30 di MI Miftahul Huda Cendono yaitu menggunakan 3 fase: pertama pra: guru menyiapkan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan serta mempersilahkan siswa duduk dengan tertib dan rapi setelah itu guru membuka pembelajaran dengan muqoddimah yang berisi do'a dan salam. Kedua pelaksanaan: guru memutar murattal Qur'an Juz ‘Amma untuk diperdengarkan kepada siswa; lalu guru meminta siswa membaca surat atau ayat yang sudah dihafal secara bersama-sama; penutup: guru meminta siswa membacakan ayat secara bersama-sama; guru memberikan motivasi tentang keutamaan para penghafal al-Qur'an; guru mengajak siswa membaca hamdalah dan mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam. Implementasi metode drill dalam pembelajaran tahfizhul Qur'an juz 30 di MI Miftahul Huda Cendono yaitu guru memutar murattal Qur'an Juz ‘Amma untuk diperdengarkan kepada siswa; guru meminta siswa membaca surat atau ayat yang sudah dihafal secara bersama-sama; guru membacakan surat yang akan dipelajari dan mengulang-ulang bacaannya; guru memberi pengertian kepada siswa tentang maksud pengulangan bacaan terhadap hasil hafalan; guru meminta siswa untuk setor hafalan hari yang lalu dan ditambahkan dengan hafalan pada saat ini secara bergantian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.122404 MAW I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad Ma'ruf. S.PdI., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 20 Oct 2020 13:31
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item View Item