MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK HUMANISME SANTRI DI PONDOK PESANTREN NGALAH PURWOSARI PASURUAN

Kamilatur Rodiah, 201686010060 (2020) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK HUMANISME SANTRI DI PONDOK PESANTREN NGALAH PURWOSARI PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010060_BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010060_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010060_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010060_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010060_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010060_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010060_COVER DEPAN.pdf

Download (792kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010060_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

merupakan usaha untuk membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik. Salah satu lembaga pendidikan yang dianggap masih menanamkan pendidikan karakter dari dulu hingga sekarang adalah pondok pesantren yang mana keberadaan pesantren merupakan mitra ideal bagi institusi pemerintah untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan dan landasan karakter bangsa. Dari hal itulah peneliti mempunyai pandangan dan ketertarikan untuk meneliti (1) Nilai-nilai humanisme santri Santri di Pondok Pesantren Ngalah, Purwosari Pasuruan, (2) Implementasi Model Pendidikan Karakter dalam Membentuk Humanisme Santri di Pondok Pesantren Ngalah, Purwosari Pasuruan Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan (1) Wawancara, (2) Observasi dan (3) Dokumentasi. Adapun jenis dan sumber data dalam penelitian ini (1) Data primer yang didapat dari hasil wawancara dengan setiap karakter yang ada di Pondok Pesantren Ngalah mulai dari pengurus, Ustadz/Ustadzah, maupun santri, observasi kegiatan dan aktivitas harian santri serta pengamatan pada acara perayaan pada moment tertentu misalnya perayaan milad pondok Pesantren, PHBI, dan PHBN dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan tersebut dan dokumentasi dari hasil foto dan rekaman hasil wawancara serta observasi, dan (2) Data sekunder. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap (1) Reduksi data, (2) Penyajian data dan (3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya (1) Nilai-nilai Humanisme Santri Di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan mengacu pada visi misi Pondok Pesantren Ngalah yang mengintegrasikan dan mensinergikan secara komprehensif dalam kegiatan rutinitas spiritual, pengajian kitab kuning serta beberapa kegiatan lainnya. (2) Implementasi Pembentukan Karakter Dalam Membentuk Humanisme Santri Di Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan dilaksanakan dengan berbagai kegiatan santri di Pondok Pesantren Ngalah seperti sholat berjama'ah, sorogan maupun bandongan, Madrasatul Qur'an (MQ), piket Roan, Muthola'ah, Muhadhoroh, Dibaiyah, Yasinan, aktif mengikuti berbgai kegiatan kebangsaan serta berbagai kegiatan lainnya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 370.114 ROD M
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammada, S.Pd , M.PdI,, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 26 Dec 2020 10:31
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item