Imroatul Mufidah, 201686010083 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PAI STUDI KASUS DI SDN GEMPOL 3 PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201686010083_BAB I.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201686010083_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201686010083_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201686010083_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201686010083_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201686010083_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010083_COVER DEPAN.pdf Download (583kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010083_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
Abstract
Keputusan Presiden RI dalam UU Bab II Pasal 3 No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mana pendidikan bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beiman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Dan Pasal 1 UU Sisdiknas tahun 2003 menyatakan diantaranya tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian, dan akhlak mulia. Maka dari itu, peneliti ini bertujuan untuk ingin mengetahui Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran PAI di SDN Gempol 3 Pasuruan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dalam penelitian ini ada dua meliputi data primer, dan data sekunder. Data yang diperoleh melalui teknik wawancara, angket, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini ditunjukkan bahwa pendidikan karakter sudah diimplementasikan dalam pembelajaran PAI di SDN Gempol 3 Pasuruan yang meliputi; 1) Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Karakter, 2) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Karakter, 3) Penilaian Pembelajaran Pendidikan Karakter, 4) Faktor Pendukung Pembelajaran Pendidikan Karakter, 5) Faktor Pendukun Pembelajaran Pendidikan Karakter faktor lingkungan keluarga/dukungan orang tua, pergaulan, siswa, motivasi, dan sarana prasarana sekolah. Faktor penghambat yaitu terkadang siswa tidak disiplin dalam melaksanakan kegiatan. Problem dalam implementasi pendidikan karakter yaitu siswa kurang disiplin, tidak mengikuti kegiatan sekolah dan solusi yang dihadapi yaitu siswa kurang disiplin, tidak mengikuti kegiatan sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 370.114 MUF I | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2020 10:04 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:34 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/672 |
Actions (login required)
View Item |