Implementasi Evaluasi Formatif Dalam Pembelajaran PAI di Kelas IV SDN Wrati II Kejayan Pasuruan

Siti Hasanah, 201686010061 (2020) Implementasi Evaluasi Formatif Dalam Pembelajaran PAI di Kelas IV SDN Wrati II Kejayan Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010061_BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010061_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010061_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010061_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010061_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010061_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010061_COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010061_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

Implementai Evaluasi Formatif Dalam pembelajaran PAI di kelas IV SDN Wrati II Kejayan Pasuruan. Siti Hasanah Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa. Pemberian evaluasi merupakan rangkaian pembelajaran yang tidak dapat diabaikan oleh guru yang ingin sukses dalam pembelajaran di kelas. Profesionalisme menjadi tuntutan guru dalam pekerjaannya, apalagi profesi guru yang sehari-hari menangani benda hidup yang berupa anak-anak atau siswa dengan karakteristik masing-masing tidak sama. Pekerjaaan guru menjadi lebih berat tatkala menyangkut meningkatkan kemampuan anak didiknya. Dan terlihat dalam pendidikan saat ini permasalahan guru adalah kegagalan guru dalam melakukan evaluasi. Guru dalam fungsinya sebagai penilai hasil belajar siswa, guru hendaknya terus menerus mengikuti hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa dari waktu ke waktu. Informasi yang diperoleh melalui evaluasi ini merupakan umpan balik (feed back) terhadap proses belajar mengajar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi evaluasi formatif di SDN Wrati II Kejayan Pasuruan ?, (2) Bagaimana urgensi evaluasi formatif dalam pembelajaran PAI di kelas IV SDN Wrati II Kejayan Pasuruan ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi evaluasi formatif di SDN Wrati II Kejayan Pasuruan. (2) untuk mendeskripsikan urgensi evaluasi formatif dalam pembelajaran PAI di kelas IV SDN Wrati II Kejayan Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan menganalisis data dengan cara reduksi, display, kesimpulan. Hasil penelitian (1) Implementasi evaluasi formati di SDN Wrati II Kejayan Pauruan adalah berdasarkan hasil penelitian bahwa selama ini jenis evaluasi formatif yang digunakan oleh guru PAI yaitu esay tes, pilihan ganda, pekerjaan rumah (PR) dan ulangan harian. (2) Urgensi evaluasi formati dalam pembalajaran PAI di kelas IV SDN Wrati II Kejayan Pasuruan adalah dengan diterapkannya evaluasi formatif guru bisa mengetahui sampai sejauh mana bahan yang diajarkan sudah dapat diterima oleh siswa dan mengetaui bagian - bagian mana dari bahan pelajaran yang belum dikuasai siswa dan memotivasi siswa untuk belajar giat. Kata Kunci: Implementasi, Evaluasi Formatif, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 HAS I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiwin Fachrudin Yusuf, S.Ag., MA, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 06 Nov 2020 11:51
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/676

Actions (login required)

View Item View Item