Nuril Imama Dwi Farida, 201686010036 (2020) Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MI Al-Hikmah Kalidawir Tanggulangi Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201686010036_BAB I.pdf Download (358kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201686010036_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201686010036_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201686010036_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201686010036_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201686010036_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010036_COVER DEPAN.pdf Download (897kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010036_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
Abstract
Farida,Nuril Imama Dwi.2020. Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Pembelajaran Al-Qur'an Hadist di MI Al-Hikmah Kalidawir Tanggulangin Sidoarjo, Skripsi, Fakultas Agama Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Yudharta Pasuruan, Pembimbing: Ali Mohtarom, S.Ag, M.PdI. Kata kunci: kesulitan belajar, pembelajaran al-Qur'an Hadist Pendidikan adalah segala upaya, latihan dan sebagainya untuk menumbuh kembangkan segala potensi yang ada dalam diri manusia baik secara mental, moral dan fisik untuk menghasilkan menusia yang dewasa dan bertanggung jawab sebagai mahluk yang berbudi luhur. Bahkan dalam islam menganjurkan manusia untuk mengenyam pendidikan atau menimba ilmu, bahkan surat yang pertama kali turun adalah surat Al-‘Alaq yang menunjukkan bahwa kita semua dianjurkan untuk menuntut ilmu. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan pembelajaran al-Qur'an Hadist di MI Al-Hikmah Kalidawir Tanggulangin Sidorjo. Kedua, apa saja faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur'an Hadist di MI Al-Hikmah Kalidawir Tanggulangin Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama: ada beberapa cara guru dalam mengatasi kesulitan belajar al-Qur'an Hadist diantarannya, guru memberikan PR (pekerjaan rumah) agar siswa yang mengalami kesulitan belajar lebih memahami pelajaran yang belum mereka pahami, mengajarkan kembali (re-teaching) materi yang belum dikuasai oleh siswa, setiap hari jum'at semua siswa diwajibkan solat dhuha dan membaca surat pendek karena dengan ini siswa akan menjadi lebih fasih dalam membaca al-quran. Kedua, setelah guru menerapkan strategi yang digunakan maka hasil belajar siswa sedikit demi sedikit menjadi lebih baik dan tidak perlu penjelasan berulang-ulang selain itu siswa juga lebih paham dan lebih fasih dalam membaca al-Qur'an. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti ingin memberikan saran kepada guru di MI Al-Hikmah Kalidawir Tanggulangin Sidoarjo agar lebih meningkatkan kompetensinya melalui evaluasi terhadap pembelajaran, sehingga keberhasilan pembelajaran al-Qur'an Hadits dapat tercapai secara optimal, baik pada proses maupun hasil. Kepada siswa di MI Al-Hikamh Kalidawir Tanggulangin Sidoarjo agar lebih semangat dan giat dalam memperbaiki kekurangannya dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 FAR S | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2020 13:37 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:34 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/677 |
Actions (login required)
View Item |