PERAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL DALAM PENANAMAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK PKK PANCASILA SEMUT KRAJAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN PASURUAN

Durrotul Ainia, 201686010008 (2020) PERAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL DALAM PENANAMAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK PKK PANCASILA SEMUT KRAJAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010008_BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010008_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010008_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010008_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010008_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010008_COVER DEPAN.pdf

Download (716kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010008_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
201686010008_LAMPIRAN.pdf

Download (338kB)

Abstract

Dalam konteks penanaman akhlak, peran komunikasi guru dalam pembelajaran di TK PKK Pancasila cukup efektif, hal ini karena peran komunikasi guru baik itu verbal dan non verbal telah dilaksanakan sebagai salah satu upaya dalam menanamkan akhlak pada anak usia dini di TK PKK Pancasila. Tujuan penelitian ini akan mengungkapkan (1) bagaimana pelaksanaan komunikasi verbal serta non verbal serta perannya dalam penanaman akhlak pada peserta didik usia dini di TK PKK? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat komunikasinya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrument sekaligus pengumpul data. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer skunder. Data dikumpulkan dengan tiga teknik (1) Observasi Partisipan, (2) Wawancara dan (3) Dokumentasi. Data di analisis dengan tiga tahapan (1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data (1) Triangulasi sumber, (2) Ttriangulasi teknik, dan (3) Triangulasiwaktu. Penelitian ini menyimpulan bahwa (1) penerapan komunikasi verbal serta non verbal ini didalam penanaman akhlak di Taman kanak-kanak PKK Pancasila di lakukan dengan cara bersamaan, hal itu dapat dilihat dari metode yang dipakai untuk menyampaikan materi akhlak tersebut, mulai dari metode atau bercerita, ataupun Bernyanyi, hingga bermain peran. (2) Faktor pendukung serta penghambat dalam penerapan dan penggunaan komunikasi verbal dannon verbal di TK PKK Pancasila, faktor pendukung dalam penyampaian komunikasi verbal dannon verbal ialah ketersediaan tenaga pengajar, media, serta metode penerapan yang sangat baik. Faktor penghambatnya ialah keterbatasan bentuk media yang dimiliki oleh Lembaga TK PKK Pancasila.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 302.224 AIN P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Achmad Yusuf, S.PdI., M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi dan Antropologi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 19 Aug 2020 08:01
Last Modified: 02 Mar 2022 06:35
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item