Dwita Maya Indah Nurhayati, 201686010017 (2020) Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ibn Khaldun. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201686010017_BAB I.pdf Download (239kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201686010017_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201686010017_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201686010017_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201686010017_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010017_COVER DEPAN.pdf Download (869kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010017_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
|
Text (LAMPIRAN.pdf)
201686010017_LAMPIRAN.pdf Download (12kB) |
Abstract
Dalam dunia pembelajaran, pendidikan karakter menjadi ALTERNATIF utama buat menanggulangi kasus suasana serta keadaan kepribadian bangsa yang lagi memperhatinkan. Dengan begitu pembelajaran kepribadian jadi suatu tema yang urgen penerapannya untuk pembangunan bangsa sebab karakter menjadi tolak ukur keberhasilan suatu bangsa. Pembelajaran kepribadian menjadi program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh bangsa Indonesia. Konsep pembelajaran yang mendasar tetapi terencana, perihal tersebut yang mensukseskan Ibnu Khaldun dalam dunia pendidika sehingga konsep yang dia paparkan jadi rebutan serta jadi ketertarikan oleh para ilmuan- ilmuan non muslim Sistem pembelajaran Ibnu Khaldun bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan sistem pembelajaran yang diterapkan pada saat ini ini Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) konsep pendidikan karakter menurut Ibnu Khaldun (2) Desain pendidikan karakter menurut Ibnu Khaldun Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan Data dalam penelitian ini ada dua meliputi data primer, dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan teknik mencari informasi-informasi mengenai pemikiran tokoh Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: 1) Konsep pendidikan karakter menurut Ibn Khaldun meliputi; (a) Hakikat Manusia (1) al-‘Aql al-Tamyziy,(2) al-‘Aql al-Tajribiy,(3) al-‘Aql al-Nazhariy,(b) Manusia sebagai makhluk berkepribadian utuh, (c) Manusia sebagai khalifah Allah fil-ardhi, (d) Manusia sebagai makhluk individu dan sosial Sedangkan Desain pendidikan karakter menurut Ibn Khaldun (a) Tujuan pendidikan karakter (b)Kurikulum pendidikan karakter,(c)metode pendidikan karakter,(d) Pendidik dan peserta didik, dan (e) lingkungan pendidikan
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 370.114 NUR K | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2020 12:30 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:35 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/685 |
Actions (login required)
View Item |