Ifa Uyun Nurosyidah, 201686010021 (2020) PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DAN JUZ 'AMMA DI SMPN 2 KEJAYAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201686010021_BAB I.pdf Download (629kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201686010021_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201686010021_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201686010021_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201686010021_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201686010021_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010021_COVER DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010021_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
Abstract
Bersamaan dengan pertumbuhan era yang terus memengglobal hingga tidak bisa dipungkiri lagi apabila kehidupan manusia berusia ini terus menjadi mutahir serta terus menjadi maju akibat pertumbuhan ilmu pengetahuan serta teknologi. Kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi menimbulkan tantangan- tantangan baruyang mempengaruhi terhadap karakter anak. Maka pembentukan kepribadian siswa merupakan suatu hal sangat penting. Untuk itu perlu adanya pembiasaan untuk melakukan kebaikan Di SMPN 2 Kejayan ini. Dan memaksimalkan pembentukan kepribadian siswa melalui pembiasaan membaca Asmaul Husna dan Juz 'Amma hingga di masa yang akan datang siswa mempunyai kepribadian yang baik sesuai dengan yang diharapkan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan terjun lapangan, data yang diperlukan: data primer dan data sekunder. proses prosedur pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu: analisis sebelum ke lapangan dan analisis selama di lapangan: reduksi data (Data Reduction) dan penyajian data (DataDisplay). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembentukan kepribadian siswa dapat dilakukan melalui pembiasaan membaca Asmaul Husna dan Juz ‘amma secara terus menerus setiap pagi sebelum jam pelajaran dimulai. Proses pembentukan kepribadian ini bertujuan untuk membentuk aspek kejasmanian dari kepribadian atau kecakapan sesuatu atau pengetahuan hafalan. Dan dapat digunakan untuk memperbaiki kepribadian peserta didik sehingga tumbuh kesadaran dalam diri peserta didik untuk jujur dan disiplin baik dalam ucapan maupun perbuatan. Adapun faktor penghambat proses pembentukan kepribadian siswa ini bisa berupa faktor keluarga yangkurang baik, kesadaran dalam diri siswa, lingkungan keluarga, dan terbatasnya pengawasan pihak sekolah. Sedangkan faktor pendukung proses pembentukan kepribadian siswa adalah dari lingkungan keluarga dan masyarakat yang baik serta dengan adanya kegiatan-kegiatan yang mendukung seperti adanya kegiatan ekstrakurikuler baik yang termasuk dalam bidang kegamaan seperti pembiasaan membaca asmaul husna dan juz ‘amma.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 297.211 NUR P | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Date Deposited: | 05 Nov 2020 12:33 | |||||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:35 | |||||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/687 |
Actions (login required)
View Item |