REINFORCEMENT PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BAGI ANAK (Studi Multisitus di TK Ceria dan TK Golden Kids Pandaan)

Nurul Imamah, 201886130002 (2020) REINFORCEMENT PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BAGI ANAK (Studi Multisitus di TK Ceria dan TK Golden Kids Pandaan). Magister thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201886130002_BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201886130002_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201886130002_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201886130002_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201886130002_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201886130002_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201886130002_COVER DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201886130002_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB)

Abstract

Reinforcement adalah respon terhadap suatu perilaku yang dapat meningkatkan kemungkinan terulangnya kembali perilaku tersebut. Perilaku yang dimaksud dalam konteks penelitian ini adalah perilaku peserta didik yang mengandung nilai-nilai multikultural. Melalui Reinforcement pendidikan multikultural terjadi proses pembentukan sikap toleransi, peduli sosial, kerjasama dan saling menghargai antar sesama. Fokus penelitian ini adalah pertama bagaimana implementasi Reinforcement Pendidikan Multikultural Bagi Anak di TK Ceria dan TK Golden Kids Pandaan?. Kedua bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi Reinforcement Pendidikan Multikultural Bagi Anak di TK Ceria dan TK Golden Kids Pandaan?. Ketiga bagaimana dampak Reinforcement Pendidikan Multikultural Bagi Sikap Anak di TK Ceria dan TK Golden Kids Pandaan? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Adapun subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, wali murid serta Guru baik yang beragama Islam dan yang beragama Kristen atau Katolik. Hasil dari penelitian ini adalah pertama Implementasi Reinforcement Pendidikan Multikultural di TK Ceria dan TK Golden Kids Pandaan dilakukan dengan dua cara yaitu melalui verbal dan non verbal. Cara verbal memiliki tahap yang sama baik TK Ceria dan TK Golden kids Pandaan yaitu Knowing, Feeling, dan Acting. Sedangkan cara non verbal dilakukan dengan cara yang berbeda. Di TK Ceria selain menggunakan reward juga menerapkan contoh melalui kegiatan bersama yang diadakan di sekolah. Sedangkan TK Golden Kids menggunakan reward pocket atau hadiah yang diberikan pada anak. Kedua Faktor pendukung dan penghambat implementasi Reinforcement Pendidikan Multikultural Bagi Anak di TK Ceria dan TK Golden Kids Pandaan adalah wali murid itu sendiri. Karena orangtua merupakan kepanjangan tangan dan penyeimbang implementasi Reinforcement Pendidikan Multikultural bagi anak ketika anak di rumah. Dan ketiga dampak dari Reinforcement Pendidikan Multikultural Bagi Sikap Anak adalah sikap anak terbangun karena pembiasaan yang dilakukan di sekolah selain itu selama ini tidak pe ah ada permasalahan yang terjadi baik di TK Ceria dan TK Golden Kids Pandaan yang berhubungan dengan penistaan agama, ras, budaya dan diskriminasi anak baik yang ditimbulkan oleh orangtua maupun siswa.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 370.117 IMA R
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Ahmad Marzuki, S.PdI, M.Ag, ã…¤UNSPECIFIED
Thesis advisorDr. Drs. M. Jamhuri, M.Pd.I, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Kumpulan Karya Umum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Multikultural (S2)
Date Deposited: 04 Sep 2020 10:02
Last Modified: 09 Aug 2023 08:33
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item View Item