INTEGRASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN NILAI-NILAI BUDAYA KARO DI WILAYAH SUKU TENGGER SABRANG KULON

M. Suyuti Dahlan, 2017861320009 (2020) INTEGRASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN NILAI-NILAI BUDAYA KARO DI WILAYAH SUKU TENGGER SABRANG KULON. Magister thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786130009_BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786130009_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786130009_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786130009_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786130009_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786130009_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786130009_COVER DEPAN.pdf

Download (668kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786130009_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini secara spesifik menginisiasi integrasimata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis budaya lokal(karo) di wilayah suku tengger sabrang kulon, dengan cara memasukkan nilai-nilai budaya Karo pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat Sekolah Dasar (SD) kelas VI. Kurikulum PAI sebagai salah satu komponen pendidikan harus dirancang dengan sebaik-baiknya agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Model integrasi PAI ini akan menentukan generasi atau masyarakat minoritas muslim di wilayah suku tengger dalam merespon pelbagai ragam budaya lokal. Pemahaman peserta didik pada materi pembelajaran PAI akan sangat menentukan eksistensi mereka di tengah-tengah masyarakat yang sangat kental dengan ritual adat dalam kehidupan sehari-hari. Ada empat bagian pada silabus, terutama pada materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran kelas VI pada pelajaran satu (indahnya saling menghormati), pelajaran enam (indahnya saling membantu), pelajaran delapan (senangnya berakhlak terpuji), dan pelajaran sembilan (Ayo berinfak dan bersedekah) yang akan dikembangkan dalam penelitian ini, sehingga diharapkan pemahaman peserta didik lebih luas dan bijak dalam merespon fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 297.77 DAH I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. H. Saifulah, M.HI, ã…¤UNSPECIFIED
Thesis advisorDr. Moch. Nasir, M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Kumpulan Karya Umum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Multikultural (S2)
Date Deposited: 05 Dec 2020 14:26
Last Modified: 03 Jul 2023 01:38
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item View Item