implementasi metode kaisa sebagai cara menghafal mufradat bahasa Arab di program pengembangan bahasa Arab (PPBA) pondok Ngalah Purwosari Pasuruan Tahun Ajaran 2019/2020

Nafisatul Ainiyah, 201686020002 (2020) implementasi metode kaisa sebagai cara menghafal mufradat bahasa Arab di program pengembangan bahasa Arab (PPBA) pondok Ngalah Purwosari Pasuruan Tahun Ajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686020002_BAB I.pdf

Download (567kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686020002_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686020002_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686020002_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686020002_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686020002_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686020002_COVER DEPAN.pdf

Download (975kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686020002_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan implementasi metode kaisa untuk menghafal mufradat bahasa Arab antara kelompok eksperimen (menggunakan metode kaisa) dengan kelompok kontrol ( tidak menggunakan metode kaisa) peserta didik program pengembangan bahasa Arab 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang dipakai untuk menguji suatu teori, menyajikan suatu fakta atau mendeskripsikan statistik, dan untuk menunjukkan hubungan antar variabel dan adapula yang sifatnya mengembangkan konsep, mengembangkan pemahaman atau mendiskripsikan banyak hal. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 32 peserta didik, yang terdiri dari 16 peserta didik yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan 16 peserta didik yang dijadikan sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Analisis yang digunakan berupa analisis komparatif dengan menggunakan uji “t�. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil menghafal mufradat bahasa Arab antara kelas eksperimen (menggunakan metode kaisa) dengan kelompok kontrol ( tidak menggunakan metode kaisa). Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 315 dari nilai rata-rata pretest 810 meningkat pada nilai postest menjadi 1125. Sedangkan pada kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 165 dari nilai rata-rata tes pretest 810 meningkat pada nilai posttest sebesar975. Adapun hasil signifikansiuji hipotesis menggunakan Uji T-Test menunjukkan nilai signifikansi lebih kecildari 0,05. Yakni 0,000 < 0,05. Maka, dengan melihat perbedaan skor dari masing-masing kelas dapat disimpulkan bahwaterdapat pengaruh yang signifikan dari Metode Kaisa terhadap peningkatanhafalan mufaradat bahasa Arab di program pengembangan bahasa asing (PPBA) pondok Ngalah Purwosari, Pasuruan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 AIN A
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, M.Pd. MA Tesol, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 06 Nov 2020 15:51
Last Modified: 02 Mar 2022 06:35
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item