تطبيق طريقة تخمين الكلمات لترقية مهارة الكلام في مدرسة الهداية الدينية جمبول باسوروان

Mufidatul Munawaroh, 201686020010 (2020) تطبيق طريقة تخمين الكلمات لترقية مهارة الكلام في مدرسة الهداية الدينية جمبول باسوروان. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686020010_BAB I.pdf

Download (852kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686020010_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686020010_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686020010_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686020010_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686020010_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686020010_COVER DEPAN.pdf

Download (907kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686020010_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (615kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh informasi bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab peserta didik Madrasah Diniyah Al-Hidayah Gempol Pasuruan masih sangat minim dalam penguasaan berbicara bahasa Arab. Untuk memecahkan permasalahan tersebut peneliti mencoba mengatasinya dengan menggunakan metode tebak kata mufradat bahasa Arab. Peneliti menggunakan metode tebak kata bahasa Arab ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan meningkatkan maharah kalam yang mana peserta didik kelas 3 Al-Hidayah Gempol bisa menghafal dan menguasai mufradat bahasa Arab. Untuk mengetahui pengaruh tersebut, rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut : 1. Bagaimana penerapan metode tebak kata untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa madrasah diniyah Al-hidayah kelas tiga? 2. Apakah metode tebak kata berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa madrasah diniyah Al-hidayah kelas tiga ? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas III Madrasah Diniyah Al-hidayah Gempol Pasuruan dengan jumlah siswa sebanyak 13 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode tebak kata bahasa Arab adalah dilakukan dengan cara kerja model sendiri-sendiri (terdiri dari satu siswa). Kemudian setiap siswa untuk maju kedepan kelas guna mempraktekkan metode tebak kata sesuai intruksi dari guru. Sedangkan pengaruh metode tebak kata dalam meningkatkan maharah kalam bahasa Arab bagi siswa kelas III Madrasah Diniyah Al-hidayah Gempol Pasuruan tahun Ajaran 2019/2020 adalah berpengaruh, karena jumlah paired sampel statistic penilaian hasil post-test lebih dari hasil pretest, yaitu : rata-rata nilai post-test sebesar 15,56624 dan rata-rata nilai pretest sebesar 11,62998, dengan demikian jumlah paired sampel statistic rata-rata siswa mengalami kenaikan sebesar 3,93626. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat dua variabel, yaitu variabel metode tebak kata dan maharah kalam. Berdasarkan perhitungan penelitian, nilai kemampuan Bahasa Arab. Data tersebut dilakukan pengolahan data statistic yang dianalisis dengan analisis uji t sederhana menggunakan bantuna SPSS 26 for windows. Diperoleh dari hasil ujit t bahwa kemampuan Bahasa Arab memiliki korelasi sebesar 0,900 terhadap kemampuan berbicara siswa kelas tiga Madrasah diniyah Al-hidayah. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat baik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 MUN P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, S. Pd., M. Pd., MA, TSOL, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 03 Aug 2020 13:53
Last Modified: 02 Mar 2022 06:35
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item