PENGARUH KEPRIBADIAN TERHADAP STRES AKADEMIK DI SMKN 02 SINGOSARI YANG BERSISTEM FULL DAY SCHOOL

Dakhliyatul Finayati, 201669110035 (2020) PENGARUH KEPRIBADIAN TERHADAP STRES AKADEMIK DI SMKN 02 SINGOSARI YANG BERSISTEM FULL DAY SCHOOL. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201669110035_BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201669110035_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201669110035_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201669110035_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201669110035_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201669110035_COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201669110035_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
201669110035_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH KEPRIBADIAN TERHADAP STRES AKADEMIK DI SMKN 02 SINGOSARI Dakhliyatul Finayati Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan Stres akademik seorang siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah kepribadian. Penelitian-penelitian terdahulu mengenai kepribadian mengakibatkan munculnya beberapa teori yang berbeda mengenai kepribadian. Salah satunya adalah teori Five Factor Theory atau sering disebut Big Five Personality merupakan salah satu yang paling sering digunakan dalam menjelaskan prilaku belajar dan pencapaian akademis pada siswa. Big Five Personality terdiri dari 5 dimensi yaitu, openness, conscientiousness extraversion,agreeableness, dan neuroticism. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kepribadian big five terhadap stress akademik di SMKN 02 Singosari yang bersistem full day schoola. Sampel dari penelitian ini adalah 100 orang siswa (laki-laki 34, Perempuan 66) dan dari kelas (MM1 berjumlah 33, MM2 berjumlah 36, MM3 berjumlah 31). Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner yang dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan Big Five Personality terhadap Stres Akademik, ada pengaruh signifikan tipe kepribadian extraversion dengan arah negatif terhadap stress akademik pada siswa, hal ini bahwa tipe kepribadian extraversion rendah,maka stress akademik pada siswa akan tinggi. Ada pengaruh signifikan tipe kepribadian openness dengan arah negatif terhadap stress akademik pada siswa, hal ini bahwa tipe kepribadian openness rendah, maka stress akademik siswa akan tinggi. Ada pengaruh signifikan tipe kepribadian agreeableness dengan arah negative terhadap stress akademik pada siswa, hal ini memiliki makna bahwa jika tipe kepribadian agreeableness rendah,maka stress akademik siswa akan tinggi. Ada pengaruh signifikan tipe kepribadian conscientiousness dengan arah negative terhadap stress akademik pada siswa,hal ini bahwa memiliki makna tipe kepribadan conscientiousness rendah, maka stress akademik siswa akan tinggi. Ada pengaruh sifnifikan tipe kepribadan Neuroticism dengan arah negatif terhadap stress akademik pada siswa, ditunjukkan dengan nillai t hitung 2,563>t tabel 1,1660. Memiliki makna jika tipe kepribadian Neuroticism tinggi, maka stress akademik siswa akan tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 155.25 FIN P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Laurensius Laka, M.Psi, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Filsafat & Psikologi > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Date Deposited: 27 Nov 2020 07:04
Last Modified: 02 Mar 2022 06:36
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item