GAME EDUKASI AKSARA JAWA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Heru Kurniawan Ramadani, 201669040013 (2020) GAME EDUKASI AKSARA JAWA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201669040013_BAB I.pdf

Download (17kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201669040013_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201669040013_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201669040013_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201669040013_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201669040013_COVER DEPAN.pdf

Download (819kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201669040013_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
201669040013_LAMPIRAN.pdf

Download (646kB)

Abstract

Aksara Jawa menjadi bagian dari peninggalan kebudayaan Jawa yang tidak te ilai harganya, tak akan lekang oleh waktu, dan patut untuk dilestarikan. Aksara ini lebih dikenal sebagai Hanacaraka. Banyak masyarakat yang kesulitan mempelajari Aksara Jawa ini, dikarenakan bentuknya maupun cara penulisannya yang berbeda dengan Aksara Latin, Aksara Arab, atau yang lainnya. Penelitian ini menggunakan metode Waterfall. Tahapan dari metode waterfall ini adalah analisa kebutuhan sistem, desain sistem, penulisan kode program (coding), pengujian program (testing), penerapan program dan pemeliharaan (maintenance).Ada banyak cara mengenalkan Aksara Jawa ke masyarakat terutama ke anak-anak, diantaranya bisa dengan melalui teknologi Augmented Reality. Teknologi AR ini merepresentasikan objek nyata (real) menjadi objek yang maya berupa gambar 3D, video ataupun audio. Teknologi ini digunakan untuk mengenalkan Aksara Jawa dalam bentuk game edukasi, agar Aksara Jawa lebih dilestarikan dan dipahami terutama generasi milenial saat ini. Pengembangan ini diharapkan agar menjadi ALTERNATIF lain sarana belajar anak-anak, maupun sarana pembelajaran bagi orang tua maupun pendidik di sekolah selain dari media buku. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya ketertarikan responden untuk belajar aksara jawa sebesar 60% menggunakan teknologi augmented reality (AR) pada game android dibandingkan menggunakan media buku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 005.12 RAM G
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWalidini Syaihul Huda, S.Kom., M.Kom, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Ilmu Umum dan Komputer
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Date Deposited: 19 Aug 2020 08:24
Last Modified: 02 Mar 2022 06:38
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item View Item