ANALISA SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDI KASUS SIMPANG JALAN PASAR PALANG KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN)

Akhmad Anwaruddin, 201669010001 (2020) ANALISA SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDI KASUS SIMPANG JALAN PASAR PALANG KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201669010001_BAB I.pdf

Download (14kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201669010001_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201669010001_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201669010001_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201669010001_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201669010001_COVER DEPAN.pdf

Download (532kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201669010001_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
201669010001_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada simpang tak bersinyal yaitu pertemuan antara ruas jalan Pasar Palang dengan jalan Raya Malang-Gempol. Pada jam-jam sibuk kendaraan keluar masuk pada persimpangan ini yang cukup padat, maka akan mengalami tundaan kendaraan pada jalan Raya Malang-Gempol di persimpangan tersebut, sehingga menimbulkan kerugian seperti waktu dan biaya perjalanan bagi pengguna lalu lintas pada area persimpangan tersebut. Pergerakan terbanyak terjadi pada pagi, siang dan sore hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kinerja persimpangan dengan mengetahui kapasitas jalan, drajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian pada persimpangan tersebut menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997). Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data primer yang diperoleh dengan survei lapangan di persimpangan tersebut yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu hari Sabtu, Minggu dan Senin. Dimana hari Sabtu dan Minggu mewakili hari libur dan hari Senin mewakili jam kerja. Untuk mendapatkan arus jenuh direncanakan pada jam-jam puncak. Jam puncak pagi hari dimulai pada jam 06.00 – 08.00 WIB dan pada siang hari dimulai jam 11.00 – 13.00 WIB dan sore hari dari pukul 17.00 – 18.00 WIB. Analisis data dilakukan setelah memperoleh data primer dan data sekunder, selanjutnya dilakukan perhitungan menggunakan rumus, tabel, maupun grafik yang terdapat pada MKJI 1997. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa volume tertinggi terjadi pada hari senin jam 06.00 – 07.00 WIB. Didapatkan nilai kapasitas jalan (C) sebesar 4241,72 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) 1,28, tundaan simpang selama 82,56 detik/smp dan peluang antrian 67,29% - 219,57%. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa simpang tersebut dilakukan penanganan dan peningkatan untuk mengurangi derajat kejenuhan dan tundaan. Kata kunci: MKJI 1997, Kapasitas, Derajat kejenuhan, tundaan, peluang antrian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 625.7 ANW A
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorkhofifah, ST., MT., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Date Deposited: 29 Dec 2020 14:52
Last Modified: 02 Mar 2022 06:39
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item View Item