Strategi Dosen Dalam Menanamkan Nilai-nilai Multikultural pada Mahasiswa

Sukron Fanani, 2016861320019 (2019) Strategi Dosen Dalam Menanamkan Nilai-nilai Multikultural pada Mahasiswa. Magister thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text (Cover.pdf)
Cover.pdf

Download (811kB)
[img] Text (Daftar Rujukan.pdf)
Daftar Rujukan.pdf

Download (25kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang multikultural terbesar di dunia, karena bangsa Indonesia sendiri memiliki berbagai macam adat istiadat dengan berbagai macam ras, suku bangsa, agama dan bahasa. Namun, kemajemukan masyarakat dapat menimbulkan pelbagai persoalan seperti yang terjadi dalam kondisi saat ini. Permasalahan-permasalahan yang terjadi tentunya membutuhkan solusi pencegahan yang maksimal agar permasalahan-permasalahan tersebut tidak terjadi lagi, salah satu solusinya adalah pemahaman dan juga penanaman nilai-nilai multikultural dalam hati masyarakat lewat berbagai media yang salah satunya adalah pendidikan, termasuk di Perguruan Tinggi. Universitas Yudharta Pasuruan merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang telah melaksanakan penanaman nilai-nilai multikultural pada mahasiswanya. Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis tentang penanaman nilai-nilai multikultural pada mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan dengan fokus penelitian: 1) penanaman nilai-nilai multikultural yang ditanamkan pada mahasiswa 2) strategi dosen dalam menanamkan nilai-nilai multikultural pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara teknik triangulasi. Adapun untuk informan dalam penelitian ini adalah: beberapa dosen, Dekan dan mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai-nilai multikultural yang ditanamkan pada mahasiswa adalah: keterbukaan (opennes), bersatu dalam perbedaan (unity in diversity) dan toleransi (tolerance) ; 2) strategi yang digunakan dosen dalam menanamkan nilai-nilai multikultural pada mahasiswa terpolakan menjadi dua, yaitu multicultural knowing dan multicultural feeling. Multicultural knowing diberikan melalui beberapa kegiatan seperti pemberian mata kuliah Pendidikan Multikultural dan Ke-aswaja-an dan mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Adapun multicultural feeling ditanamkan melalui diskusi kelompok dan presentasi saat proses pembelajaran, pemilihan Duta Kampus Multikultural dan Forum Grup Diskusi (FGD).

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 370.114 FAN S
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Husein Aziz, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Multikultural (S2)
Date Deposited: 10 Oct 2019 15:22
Last Modified: 02 Mar 2022 06:40
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item View Item