PENGARUH PENGGUNAAN KARTU MUFRODAT TERHADAP PENGUASAAN MAHARAH KALAM UNTUK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUT TAQWA PURWOSARI

Hidayatin, 201586020029 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN KARTU MUFRODAT TERHADAP PENGUASAAN MAHARAH KALAM UNTUK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUT TAQWA PURWOSARI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (01 Cover Depan.pdf)
01 Cover Depan.pdf

Download (995kB)
[img] Text (02 BAB I.pdf)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (03 BAB II.pdf)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (04 BAB III.pdf)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (05 BAB IV.pdf)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (06 BAB V.pdf)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (07 BAB VI.pdf)
07 BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (08 Daftar Pustaka.pdf)
08 Daftar Pustaka.pdf

Download (184kB)

Abstract

Hidayatin, 201586020029.2019. Pengaruh Penggunaan Kartu Mufrodat Terhadap Penguasaan Maharah Kalam untuk Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Purwosari.Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Yudharta Pasuruan. Pembimbing : Miftachul Taubah, S. Pd, M. Pd Kata Kunci :Pengaruh, Kartu, Kalam Munculnya metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan peraga yang berupa kartu mufrodat diharapkan menjadi metode yang tepat untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk berbicara bahasa Arab. Hal ini karena dalam proses belajar menjadikan siswa merasa senang dan tertarik untuk mempelajari dengan metode yang tidak membosankan dan tidak terkesan menakutkan. Tujuan pada penelitian ini 1) Mengetahui bagaimana penerapan penggunaan kartu mufrodat terhadap pengusaan berbicara bahasa Arab pada siswa kelas V MI Darut Taqwa. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan metode kartu mufrodat terhadap penguasaan berbicara bahasa arab pada siswa kelas V MI Darut Taqwa. Metode penelitian yang gunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan perhitungan yaitu manual persentase dan statistika (SPSS). Instrument / alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian eksperimen ini adalah kartu mufrodat dan tes akhir yang diberikan oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penerapan kartu yaitu dengan cara membagi siswa menjadi beberapa kelompok dalam satu kelompok terdiri dari 5 siswa, kemudian diberikan pengarahan bagaimana cara melakukan permainannya, dibagikan beberapa kartu kepada setiap kelompok, kemudian siswa bermain dengan kartu mufrodat sesuai dengan instruksi guru, terakhir siswa diberi tes akhir untuk bahan evaluasi. 2) Persentase siswa sebelum diberikan kartu mufrodatyang mempunyai kriteria “sangat baik� 8.33%, “baik� 41.66%, “cukup� 50%, “kurang� dan “sangat kurang� 0%. Persentase setalah diberikan kartu mufrodat yeng mempunyai kriteria “sangat baik� 47.22%, “baik� 27.77%, “cukup� 25%, “kurang� dan “sangat kurang� 0%. Berdasarkan hitung dengan aplikasi SPSS berpengaruh karena nilai < 0.05.Dan berdasarkan wawancara kepada siswa, siswa merasa senang dengan metode kartu mufrodat yang telah diberikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 HID P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMiftachul Taubah, S. Pd, M. Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 07 Nov 2019 09:38
Last Modified: 02 Mar 2022 06:40
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item