Fatimatuzzahro, 201586010013 (2019) implementasi model Role Playing untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Wonorejo. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
|
Text (bagian awal.pdf)
bagian awal.pdf Download (192kB) |
|
Text (daftar pustaka.pdf)
daftar pustaka.pdf Download (70kB) |
Abstract
Implementasi model role playing untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo adalah sebuah pembelajaran yang menggunakan model yang inovatif, penggunaan model role playing ini bertujuan agar peserta didik mampu memahami materi yang disampaikan dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanaimplementasi model role playing untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat model role playinguntuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo. Tujuan dari penelitian ini agar peserta didik mampu memahami materi yang disampaikan dan tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data terdiri dari data primer dan sekunder, sumber data dan pengumpulan data primer diperoleh dari hasil (1) observasi(2) wawancara, serta data sekunder yang diperoleh dari (3) dokumentasi. Sedangkan tahap analisis data yang digunakan adalah keabsahan temuan. Dengan adanya implementasi model role playingini pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo sangat baik dan memuaskan, meningkatnya hasil pembelajaran dapat dilihat dari hasil yang diperoleh oleh peserta didik yang didapat dari 50% penilaian dari guru dan 50% penilaian dari antar peserta didik, serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung dalam kegiatan tersebut adalah dukungan dari kepala sekolah, kemampuan guru dan sarana prasarana. Sedangkan kendala dalam pelaksanaannya antara lainmemerlukan waktu yang lama dan tempat yang luas dalam menerapkan pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan model role playing ini. Implementasi model role playing untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo adalah sebuah pembelajaran yang menggunakan model yang inovatif, penggunaan model role playing ini bertujuan agar peserta didik mampu memahami materi yang disampaikan dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanaimplementasi model role playing untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat model role playinguntuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo. Tujuan dari penelitian ini agar peserta didik mampu memahami materi yang disampaikan dan tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data terdiri dari data primer dan sekunder, sumber data dan pengumpulan data primer diperoleh dari hasil (1) observasi(2) wawancara, serta data sekunder yang diperoleh dari (3) dokumentasi. Sedangkan tahap analisis data yang digunakan adalah keabsahan temuan. Dengan adanya implementasi model role playingini pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo sangat baik dan memuaskan, meningkatnya hasil pembelajaran dapat dilihat dari hasil yang diperoleh oleh peserta didik yang didapat dari 50% penilaian dari guru dan 50% penilaian dari antar peserta didik, serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung dalam kegiatan tersebut adalah dukungan dari kepala sekolah, kemampuan guru dan sarana prasarana. Sedangkan kendala dalam pelaksanaannya antara lainmemerlukan waktu yang lama dan tempat yang luas dalam menerapkan pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan model role playing ini. Implementasi model role playing untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo adalah sebuah pembelajaran yang menggunakan model yang inovatif, penggunaan model role playing ini bertujuan agar peserta didik mampu memahami materi yang disampaikan dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanaimplementasi model role playing untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat model role playinguntuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo. Tujuan dari penelitian ini agar peserta didik mampu memahami materi yang disampaikan dan tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data terdiri dari data primer dan sekunder, sumber data dan pengumpulan data primer diperoleh dari hasil (1) observasi(2) wawancara, serta data sekunder yang diperoleh dari (3) dokumentasi. Sedangkan tahap analisis data yang digunakan adalah keabsahan temuan. Dengan adanya implementasi model role playingini pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo sangat baik dan memuaskan, meningkatnya hasil pembelajaran dapat dilihat dari hasil yang diperoleh oleh peserta didik yang didapat dari 50% penilaian dari guru dan 50% penilaian dari antar peserta didik, serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung dalam kegiatan tersebut adalah dukungan dari kepala sekolah, kemampuan guru dan sarana prasarana. Sedangkan kendala dalam pelaksanaannya antara lainmemerlukan waktu yang lama dan tempat yang luas dalam menerapkan pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan model role playing ini. Implementasi model role playing untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo adalah sebuah pembelajaran yang menggunakan model yang inovatif, penggunaan model role playing ini bertujuan agar peserta didik mampu memahami materi yang disampaikan dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanaimplementasi model role playing untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat model role playinguntuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo. Tujuan dari penelitian ini agar peserta didik mampu memahami materi yang disampaikan dan tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data terdiri dari data primer dan sekunder, sumber data dan pengumpulan data primer diperoleh dari hasil (1) observasi(2) wawancara, serta data sekunder yang diperoleh dari (3) dokumentasi. Sedangkan tahap analisis data yang digunakan adalah keabsahan temuan. Dengan adanya implementasi model role playingini pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Wonorejo sangat baik dan memuaskan, meningkatnya hasil pembelajaran dapat dilihat dari hasil yang diperoleh oleh peserta didik yang didapat dari 50% penilaian dari guru dan 50% penilaian dari antar peserta didik, serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung dalam kegiatan tersebut adalah dukungan dari kepala sekolah, kemampuan guru dan sarana prasarana. Sedangkan kendala dalam pelaksanaannya antara lainmemerlukan waktu yang lama dan tempat yang luas dalam menerapkan pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan model role playing ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 FAT I | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2019 11:28 | ||||||
Last Modified: | 10 May 2023 04:03 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/961 |
Actions (login required)
View Item |