Implementasi Tape Recorder Sebagai Media Suara Untuk Meningkatkan Hafalan Asmaul Husna Di MI Maarif NU Durensewu

Maslikhatul Mumayyizah, 201586010008 (2019) Implementasi Tape Recorder Sebagai Media Suara Untuk Meningkatkan Hafalan Asmaul Husna Di MI Maarif NU Durensewu. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text (Bab II.pdf)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Rujukan.pdf)
Daftar Rujukan.pdf

Download (212kB)
[img] Text (Halaman i-xvi.pdf)
Halaman i-xvi.pdf

Download (808kB)

Abstract

Implementasi yaitu penerapan atau pelaksanaan. Pelaksnaan dengan alat bantu media tape recorder. Alat perekam pitamagnetik (magnetic tape recorder) atau tape recorder adalah salahsatu media pendidikan yang tak dapat diabaikan untuk menyampaikan informasi, karena mudah menggunakannya. Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya, sehingga dapat lebih dipahami oleh peserta didik. Hafalan peserta didik dibantu dengan media tape recorder. Ingatan adalah cara-cara bagaimana individu mempertahankan dan menarik pengalaman-pengalaman dari masa lalu untuk digunakan saat ini. Dengan materi Asmaul Husna. Asmaul Husna yaitu nama-nama yang dimiliki Allah SWT yang baik dan indah dengan jumlah 99. Untuk mengetahui konsep tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana implementasi tape recorder sebagai media suara untuk meningkatkan hafalan Asmaul Husna di MI Maarif NU Durensewu? 2. Apa kelebihan dan kelemahan implementasi tape recorder sebagai media suara untuk meningkatkan hafalan Asmaul Husna di MI Maarif NU Durensewu?. Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dimana data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yaitu kegiatan pembacaan Asmaul Husna di MI Maarif NU Durensewu. Dari hasil penelitian diperoleh hasil 1. Implementasinya yaitu peserta didik baris di halaman sesuai dengan jenis kelaminnya, laki-laki di kanan untuk perempuan di kiri dan untuk anak kelas satu berada ditengah. Disisi lain pendidik menyiapkan tape recorder, kemudian pendidik menunjuk dua atau tiga anak yang sudah hafal untuk maju dan memimpin kegiatan tersebut. 2. Kelebihannya yaitu peserta didik dapat mengetahui dan mengahafal Asmaul Husna yang berjumlah 99 secara keseluruhan dengan cara ringan dan terbiasa. Sedangkan kelemahan dari kegiatan tersebut adalah kurangnya pengawasan dari pendidik pada saat kegiatan berlangsung, dan kurangnya kesadaran dari peserta didik untuk dapat menghafal Asmaul Husna. Sehingga masih banyak peserta didik yang bergurau sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 370.36 MUM I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiwin Fachrudin Yusuf, S.Ag., MA, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 30 Aug 2019 10:03
Last Modified: 02 Mar 2022 06:42
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item View Item