Aminatuz Zahro, 201586010024 (2019) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Fiqih Melalui Metode Inquiry Di MTs Roudlatul Hikmah Desa Kedawang Nguling. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (553kB) |
|
Text (bab II.pdf)
bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (COVER.pdf)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (Lampiran.pdf)
Lampiran.pdf Download (926kB) |
Abstract
Judul skripsi ini diangkat dari sebuah latar belakang tentang peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran Fiqih melalui metode Inquiry di MTs Roudlatul Hikmah. Dalam pembelajaran Fiqih ini diharapkan siswa bisa meningkatkan motivasi belajar. Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa adalah kurang metode dan model-model pembelajaran yang belum berjalan dengan baik, maka penulis dalam penelitian ini mencoba menerapkan metode pembelajaran Inquiry dalam upaya meningkatkan motivasi belajar. Secara umum metode Inquiry bertujuan agar proses pembelajaran yang dilaksanakan dikelas dapat merangsang aktivitas, inovasi dan kreativitas belajar peserta didik serta lingkungan kelas lebih menyenangkan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) bagaimana penerapan motivasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran fiqih melalui metode Inquiry di MTs Roudlatul Hikmah di desa Kedawang Nguling?, 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran fiqih melalui metode Inquiry di MTs Roudlatul Hikmah di desa Kedawang Nguling ? sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui penerapan motivasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran fiqih melalui metode Inquiry di MTs Roudlatul Hikmah di desa Kedawang Nguling ? 2) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran fiqih melalui metode inquiry di MTs Roudlatul Hikmah di desa Kedawang Nguling Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan sebanyak II siklus, tiap siklus terdiri dari : 1. Perencenaan, 2. Pelaksanaan, pengamatan, 4. Refleksi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dalam penelitian tindakan kelas secara umum dianalisis melalui deskriptif kualitatif yaitu data yang diperoleh dari beberapa sumber, dengan teknik pengumpulan data. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penggunakan metode Inquiry dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik, siswa lebih aktif dalam kelas, siswa dapat memecahkan masalah dan bisa mempertanggungjawabkan hasil.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 370.15 ZAH P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2019 13:43 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:42 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/972 |
Actions (login required)
View Item |