PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN TAJWID UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI TPQ AS-SAKINAH KARANGLO GRATI PASURUAN

Nuril Agustina, 201586010010 (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN TAJWID UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI TPQ AS-SAKINAH KARANGLO GRATI PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (CAVER.pdf)
CAVER.pdf

Download (443kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Kata Kunci :Metode Cooperative Script, Prestasi Belajar Kegiatan belajar mengajar memerlukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih semangat dalam belajar, khususnya pembelajaran tajwid.Salah satu tipe model pembelajaran cooperative adalah cooperative script.Model pembelajaran cooperative script merupakan model pembelajaran dimana siswa bekerja berpasangan secara lisan merangkum bagian-bagian dari materi yang dipelajari.Dengan metode ini siswa dapat melatih pendengaran, ketelitian dan melatih mengungkapkan kesalahan orang lain secara lisan, selain itu siswa dapat berbagi idea atau informasi yang dimiliki kepada temannya. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan metode cooperative scriptdalam pembelajaran tajwid untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di TPQ as-Sakinah Karanglo Grati Pasuruan? Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian pre-experimental desain dalam bentuk one-group pretest-posttest desaign. Berdasarkan hasil analisis membuktikan bahwa terdapat pengaruh metode cooperative script terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tajwid. Diperoleh Hasil pengujiannya data diperoleh nilai probabilitas bila probabilitas > 0,05 maka diterima. Bila probabilitas < 0,05 maka ditolak. Keputusan dapat terlihat nilai probalitas 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak, yang berarti sebelum dan setelah menggunakan metode cooperative script adalah tidak sama atau berbeda. Dengan demikian ada pengaruh sebelum dan setelah eksperimen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 AGU P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiwin Fachrudin Yusuf, S.Ag., MA, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 08 Nov 2019 07:15
Last Modified: 02 Mar 2022 06:42
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/985

Actions (login required)

View Item View Item