IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS ENTREPRENEURSHIP di MTs TANWIRUL MUBTADIIN SUKOREJO

Defrin Ardiansyah, 201586010061 (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS ENTREPRENEURSHIP di MTs TANWIRUL MUBTADIIN SUKOREJO. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (Cover.pdf)
Cover.pdf

Download (627kB)
[img] Text (Daftar Pustaka.pdf)
Daftar Pustaka.pdf

Download (179kB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi kurikulum, Entrepreneurship, Madrasah. Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang mendidik peserta didik menuju ke arah suatu sistem pendidikan yang lebih baik, sementara kurikulum dan kegiatan entrepreneurship yang ada kurang mendukung sedangkan di Indonesia tidak berbanding lurus dengan besa ya peluang usaha dan investasi di Indonesia menyebabkan tingginya tingkat pengangguran khususnya penganguran terdidik. Tidak semua siswa yang setelah lulus dari madrasah bisa melanjutkan ke Tingkat lebih tinggi, melainkan ada sebagian yang masih menganggur dan tidak memiliki pekerjaan, oleh karena itu sekolah perlu ada gebrakan baru kurikulum entreprenurship memebekali siswa untuk masa mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui struktur kurikulum berbasis entrepreneur (2) mengetahui implementasi kurikulum berbasis entrepreneur (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum berbasis entrepreneurship di MTs Entrepreneur Tanwirul mubtadiin sukorejo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Setting penelitian dilakukan di MTs Entrepreneur Tanwirul Mubtadiin Sukorejo pada bulan Mei 2019-Juli 2019 yang menjadi subjek adalah kepala madrasah dan informannya adalah siswa serta guru. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian di MTs Entrepreneur Tanwirul mubtadiin terdiri dari 3 tahap yaitu (1) Struktur Kurikulum Berbasis Entrepreneurship mata pelajaran, Ekstrakurikuler, Pengembangan diri, Bahan buku ajar, kegiatan kultur sekolah, muatan lokal, yang mengintregasikan pada kurikulum. (2)implementasi struktur kurikulum, Memadukan dengan kegiatan ekstrakurikuler, Pendidikan entrepreneurship melalui pengembangan diri, Pengintegrasian dalam bahan buku ajar, Pengintegrasian melalui kultur sekolah, Pengintegrasian melalui muatan lokal.(3) Faktor penghambat: kurangnya fasilitas kewiraushaan, dana, skill guru, dan waktu. Faktor Pendukung: lulusan di bekali ketrampilan, siswa memiliki nilai tambah, sarana prasarana mengalami perkembangan, siswa mendukung progam entrepreneur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ARD I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Ahmad Marzuki, S.Pd.I, M.Ag, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 21 Aug 2019 11:21
Last Modified: 02 Mar 2022 06:42
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/986

Actions (login required)

View Item View Item