PENGARUH METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTS MIFTAHUL ULUM PUNTIR PURWOSARI PASURUAN

Laelatul Mukaromah, 201586010014 (2019) PENGARUH METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTS MIFTAHUL ULUM PUNTIR PURWOSARI PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (Cover.pdf)
Cover.pdf

Download (658kB)
[img] Text (Daftar Pustaka.pdf)
Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Storytelling, Minat Belajar Keberhasilan dalam meraih prestasi mempunyai beberapa faktor penentu salah satunya ialah minat siswa dalam belajar. Dalam hal ini minat muncul karena adanya rasa ketertarikan terhadap suatu objek. Pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sering dipandang kurang menarik dan membosankan bila diajarkan disekolah karena hanya berisi tentang sejarah, kebudayaan, dan peninggalan-peninggalan Islam. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik storytelling pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Storytelling adalah bercerita, mendongeng. Dalam hal ini siswa berperan aktif dalam bercerita sesuai dengan materi yang disampaikan pendidik sehingga memberikan suasana yang berbeda di dalam kelas. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh metode storytelling untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Puntir Purwosari Pasuruan? Sedangkan tujuan dari penelitian in yaitu Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode storytelling untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Puntir Purwosari Pasuruan. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen one gruup pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis membuktikan bahwa terdapat pengaruh minat belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Diperoleh hasil dari perhitungan uji-t dengan SPSS 16.0 for windows diperoleh nilai pretest 65.00 dan nilai posttest 82.68.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 MUK P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiwin Fachrudin Yusuf, S.Ag., MA, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 14 Oct 2019 09:15
Last Modified: 10 May 2023 04:06
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/992

Actions (login required)

View Item View Item