PENGARUH MIND MAP TERHADAP PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NU DARUL HUSA WILO KETANIRENG PRIGEN

Pujianti, 201586020021 (2019) PENGARUH MIND MAP TERHADAP PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NU DARUL HUSA WILO KETANIRENG PRIGEN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (asampul skripsi dll-dikonversi.pdf)
asampul skripsi dll-dikonversi.pdf

Download (872kB)
[img] Text (BAB I-dikonversi.pdf)
BAB I-dikonversi.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB II-dikonversi.pdf)
BAB II-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III-dikonversi.pdf)
BAB III-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV-dikonversi.pdf)
BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-dikonversi.pdf)
BAB V-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI-dikonversi.pdf)
BAB VI-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN-dikonversi.pdf)
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN-dikonversi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Mind Map, pembelajaran, kosakata Berdasarkan hasil observasi awal terlihat proses pembelajaran di MTs NU Darul Huda di dominasi oleh kegiatan ceramah yang dilanjutkan dengan latihan soal, dimana guru berusaha menjelaskan materi pelajaran sedangkan siswa sebagai pendengar sekaligus pencatat. Siswa terlihat kurang begitu minat dalam pembelajaran bahasa Arab. Dari masalah di atas perlu dilakukan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih mudah mengetahui mufradat seperti metode Mind Map. Peneliti menggunakan metode Mind Map untuk meningkatkan penguasaan hafalan mufradat atau kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs NU Darul Huda Wilo Ketanireng Prigen. Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana pembelajaran kosakata bahasa Arab sebelum menggunakan mind map siswa kelas VII di MTs Darul Huda Wilo Ketanireng Prigen ?2. Bagaimana pengaruh Mind Map terhadap pembelajaran mufradat bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Darul Huda Wilo Ketanireng Prigen? Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Darul Huda Wilo Ketanireng Prigen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII (tujuh) semester genap tahun ajaran 2018-2019 dengan jumlah siswa 34 siswa, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 4 – 25 Maret 2019. Adapun data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan Mind Map terhadap pembelajaran mufradat atau kosa kata bahasa Arab dapat meningkatkan penguasaan mufradat siswa kelas VII di MTs Darul Huda Wilo Ketanireng Prigen. Hal ini dapat dilihat dari prosentase hasil belajar siswa kelompok eksperimen yang mengalami peningkatan sebesar 19,7% setelah menggunakan mind map. Adapun rata – rata nilai kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 12,06%. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan mind map dalam pembelajaran kosa kata bahasa arab di MTs NU Darul Huda Wilo Ketanireng Prigen. Hal ini dapat dilihat dari tingkat peningkatan kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan peningkatan pada kelompok kontrol dengan selisih 7,64%. Penggunaan mind map telah terbukti dapat meningkatkan penguasaan hafalan mufradat siswa kelas VII MTs NU Darul Huda Wilo Ketanireng Prigen. Perlu bagi para guru bahasa Arab untuk mencoba metode ini untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pembelajaran. Agar hasil belajar dapat lebih maksimal, hendaknya guru menggunakan cara-cara yang inovatif dalam pembelajaran agar proses pembelajaran tidak terkesan monoton.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 160 PUJ P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNur Rokhmatullah. S.PdI.,M.S.I, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 24 Dec 2019 13:05
Last Modified: 10 May 2023 04:12
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/993

Actions (login required)

View Item View Item