EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA' AL-FAQIHIYAH RANDUPITU GEMPOL PASURUAN

Subaekah, 201586020012 (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA' AL-FAQIHIYAH RANDUPITU GEMPOL PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB 1.pdf)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2.pdf)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3.pdf)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4.pdf)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5.pdf)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6.pdf)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran-lampiran.pdf)
Lampiran-lampiran.pdf

Download (422kB)
[img] Text (Sampul Skripsi jadi.pdf)
Sampul Skripsi jadi.pdf

Download (995kB)

Abstract

Keberhasilan suatu pendidikan salah satunya ditentukan oleh bagaimana proses belajar mengajar itu berlangsung. Seorang guru dituntut untuk menguasai bahan pelajaran yang akan disampaikan dan yang paling penting lagi dituntut untuk dapat menerapkan metode mengajar dengan tepat dan cepat agar tujuan yang telah di tetapkan dapat tercapai. Dalam penelitian ini peneliti mencoba mengkaji penerapan metode tanya jawab dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk mencari jawaban tentang: 1) Mengetahui penerapan metode tanya jawab dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas XI Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama' Babat Randupitu Gempol Tahun Pelajaran 2018/2019 2) Mengetahui efektifitas penerapan metode tanya jawab dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas XI Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama' Babat Randupitu Gempol Tahun Pelajaran 2018/2019 Metode penelitian yang penulis gunakan dalam melaksanakan penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis PTK. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode observasi, dokumentasi, interview dan tes prestasi. Kemudian teknik analisa data yang penulis gunakan adalah teknik analisa data hasil observasi, dokumentasi, interview dan tes prestasi siswa. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil antara lain: 1) Guru memberikan pelajaran kepada siswa, kemudian murid diberikan waktu untuk menghafal selama beberapa menit. Setelah itu, guru akan memberikan pertanyaan dengan cara menunjuk siswa satu persatu, acak dan cepat. Kemudian siswa diberikan tes akhir dengan tes tulis. 2) Persentase tes formatif dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 11 poin yaitu dari 66 menjadi 77. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 9 siswa, sedangkan pada siklus II sebanyak 22 siswa. Hal ini menunjakkan bahwa sangat efektif menggunakan metode tanya jawab dengan jenis PTK dalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 SUB E
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMochamad Hasyim, S.PdI., M.Pd.I, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 20 Aug 2019 07:20
Last Modified: 02 Mar 2022 06:43
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item View Item