EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FINGERPRINT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DI SDN WONOREJO I KEC. WONOREJO

Nia Kurniawaty, 201569080019 (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FINGERPRINT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DI SDN WONOREJO I KEC. WONOREJO. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (COVER.pdf)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kedisiplinan menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan suatu kegiatan. Berlaku disiplin merupakan salah satu bentuk taat pada peraturan yang telah ditentukan oleh lembaga. Penerapan kedisiplinan sangat diperlukan di berbagai bidang, terutama di Lembaga Pendidikan. Tenaga pendidik atau guru merupakan pelayan publik yang memberikan pelayanan di bidang Pendidikan. Salah satu contoh sikap disiplin yaitu kehadiran (absensi). Sebelum tahun 2019, absensi harian guru di sekolah dilakukan manual menggunakan tanda tangan. Cara absensi seperti ini memungkinkan banyak sekali terjadi kecurangan dengan memalsukan maupun merapel tanda tangan. Semakin berkembangnya IPTEK, kini tiap lembaga telah beralih menggunakan fingerprint sebagai alat perekam kehadiran guru yang lebih akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas proses dan dampak penggunaan fingerprint dalam meningkatkan disiplin guru di SDN Wonorejo I Kec. Wonorejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana (2014). Penelitian dilakukan selama 1 bulan di SDN Wonorejo I Kec. Wonorejo dengan informan Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Dewan Guru dan Operator Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas proses penggunaan fingerprint sudah cukup baik. Namun, kemampuan adaptasi guru perlu ditingkatkan lagi, karena beberapa guru masih seringkali lupa untuk absen. Tidak ada pengaruh terhadap pemotongan gaji, tunjangan atau insentif bagi guru-guru PNS yang masih terlambat datang ke sekolah. Sedangkan dari sisi kepuasan kerja perlu adanya reward untuk meningkatkan motivasi kerja guru. Dapat disimpulkan bahwa dampak penggunaan fingerprint dalam meningkatkan disiplin cukup efektif. Sebelum penggunaan absensi fingerprint Bapak/Ibu dewan guru telah bekerja sesuai tupoksi yang telah ditentukan. Dibutuhkan pengawasan melekat atau tindakan nyata yang efektif dan dilakukan secara berkala. Guna untuk meminimalisir guru yang meninggalkan sekolah ketika jam kerja masih berlangsung. Serta perlunya pemanfaatan waktu sebaik-baiknya bagi guru ketika siswa/siswi telah pulang untuk persiapan mengajar esok hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 658.306 KUR E
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. M. Daimul Abror., S.IP., M.Si, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Administrasi Publik
Date Deposited: 28 Nov 2019 08:49
Last Modified: 02 Mar 2022 06:43
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item