Implementasi Pembelajaran Metode Tilawati Qur'an Sebagai ALTERNATIF Cara Membaca Al-Qur'an Yang Benar Di TPQ Al-Busyiri Desa Glagahsari

Nurul Jadid, 201486010086 (2018) Implementasi Pembelajaran Metode Tilawati Qur'an Sebagai ALTERNATIF Cara Membaca Al-Qur'an Yang Benar Di TPQ Al-Busyiri Desa Glagahsari. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Implementasi diartikan sebagai pelaksanaan atau penerapan. Artinya yang dilaksanakan dan diterapkan adalah kurikulum yang telah dirancang/didesain untuk kemudian dijalankan sepenuhnya. Rancangan kurikulum dan impelemntasi kurikulum adalah sebuah sistem dan membentuk sebuah garis lurus dalam hubungannya (konsep linearitas). Pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia, karena dengan pendidikanlah manusia dapat maju dan berkembang sesuai pendidikan tersebut. Pendidikan adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya, sebab pendidikan tidak pe ah terpisah dengan kehidupan manusia. Tilawah al-Qur'an memiliki peran untuk memudahkan belajar siswa terutama pada bidang studi al-Qur'an dan Hadits. Oleh karena itu, sangatlah mungkin kegiatan tilawah al-Qur'an ini dapat berpengaruh pada prestasi belajar siswa, baik dari segi memudahkan dalam menghafal materi, pemahaman materi, penerapan materi. Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat di fokuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Tilawatil Qur'an Sebagai ALTERNATIF Mengurangi Kenakalan Remaja di Desa Glagahsari Sukorejo? (2) Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Pembelajaran Tilawatil Qur'an Sebagai ALTERNATIF Mengurangi Kenakalan Remaja di Desa Glagahsari Sukorejo? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang pendekatannya secara deskriptif dengan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data selama dilapangan karena analisis data lebih difokuskan selama proses dilapangan bersamaan pengumpulan data. Analisis data tersebut terdiri dari tiga komponen yaitu: Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Dalam setiap pembelajaran tentu ada beberapa tahap kegiatan yang dilakukan yaitu kegiatan pembuka yaitu guru dan siswa bersama-sama membaca sekaligus menghafalkan surat-surat pendek, ayat kursy dan do'a belajar, kegiatan inti yaitu guru m jelaskan pembelajaran dengan cara klasikal dan kegiatan penutup yaitu guru dan siswa sama-sama membaca do'a setelah belajar, dan teknik evaluasi yaitu dengan tekhnik baca simak. (2) Faktor-faktor pendukung dalam pembelajaran tilawatil qur'an sebagai berikut Peserta didik, dukungan masyarakat. Faktor-faktor penghambat dalam pembelajaran tilawatil qur'an yaitu terbatasnya guru pengajar, masalah waktu yang terbatas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.1226 JAD I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad Makruf, S.PdI., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 07 Oct 2018 10:42
Last Modified: 02 Mar 2022 06:51
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item