Implementasi Aplikasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Raden Rahmat Mojosari Mojokerto

Asmaul Maghfiroh, 201786010049 (2021) Implementasi Aplikasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Raden Rahmat Mojosari Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (1. COVER DEPAN.pdf)
1. COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (10. LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf)
10. LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (3. BAB I.pdf)
3. BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text (4. BAB II.pdf)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (5. BAB III.pdf)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (6. BAB IV.pdf)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (7. BAB V.pdf)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (8. BAB VI.pdf)
8. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Pada masa COVID 19 saat ini di sekolah SMK Raden Rahmat memanfaatkan teknologi berbasis e-LEARNING dengan menggunakan aplikasi google classroom untuk melaksanakan proses pembelajaran. Hal ini Penelitian bertujuan: 1) Mengetahui rencana pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan google classroom di SMK Raden Rahmat, 2) Mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan google classroom di SMK Raden Rahmat, 3) Mendiskripsikan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan google classroom di SMK Raden Rahmat. Peneliti yang dilakukan ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan menggunakan metode deskriptif yang dilakukan di SMK Raden Rahmat Mojosari, Mojokerto. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, observasi partisipan, dokumentasi dan angket. Analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan dengan memilih google classroom sebagai media pembelajaran yaitu: 1.Perencanaan google classroom di SMK Raden Rahmat ini melakukan rapat bersama pada masa COVID-19 setiap awal semester melalui aplikasi zoom dan offline, menyiapkan RPP PAI, Mengembangkan silabus PAI, Menyiapkan media pembelajaran sesuai dengan bidang guru masing-masing, Adanya edaran dari Nadiem Makarim. 2. Proses pembelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan google classroom di SMK Raden Rahmat yaitu dengan menyiapkan materi pelajaran terlebih dahulu, sebelum menggunakan google classroom akan tetapi sebelum pembelajaran di mulai guru mengarahkan terlebih dahulu dengan menggunakan watshapp kalau pembelajaran itu akan segera dimulai, kemudian siswa mempelajari materi pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut kemudian mengerjakan tugasnya, Pendidik terkadang memberikan waktu tenggat dalam satu minggu atau tiga hari untuk mengumpulkan tugas tersebut ke google classroom maupun e-mail nya. 3.Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan google classroom di SMK Raden Rahmat dilakukan setiap seminggu sekali dikasih materi, minggu berikutnya dikasih tugas, dari tugas itulah kita bisa menilai keaktifan anak dalam mengikuti pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 MAG I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Achmad Yusuf, S. Pdi., M. Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 05 Dec 2021 14:17
Last Modified: 10 May 2023 03:49
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1431

Actions (login required)

View Item View Item