Achmad Syafi'i, 201486010031 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ADAB MAKAN DAN MINUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER (Studi Kasus di MI Miftahul Ulum Kelurahan Ledug Kecamatan Prigen). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (346kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (cover dan Lampiran Awal.pdf)
cover dan Lampiran Awal.pdf Download (817kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
Abstract
Untuk menanamkan berbagai karakter kebaikan pada peserta didik sepertinya tidaklah mencukupi bila hanya mengandalkan proses pembelajaran di kelas saja, akan tetapi harus ada program pendamping dalam mencapainya. Oleh karena itu kegiatan pendidikan adab makan dan minum merupakan salah satu kegiatan yang memiliki karakteristik tersebut. Hal ini sangat beralasan, karena hakikat kegiatan pendidikan adab makan dan minum adalah pendidikan yang bertujuan membina dan mendidik peserta didik agar memiliki berbagai karakter kebaikan. Rumusan masalah (1) bagaimana implementasi pendidikan adab makan dan minum dalam pembentukan karakter siswa MI Miftahul Ulum kelurahan Ledug kecamatan Prigen, (2) bagaimana dampak pendidikan adab makan dan minum dalam pembentukan karkter siswa MI Miftahul Ulum kelurahan Ledug kecamatan Prigen. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Adab Makan dan Minum yang ada di MI Miftahul Ulum Kelurahan Ledug Kecamatan Prigen, (2) Mendeskripsikan Dampak Kegiatan Pendidikan Adab Makan dan Minum dalam membntuk karakter siswa di MI Miftahul Ulum Kelurahan Ledug Kecamatan Prigen. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field resech (penelitian lapangan). Dalam penulisan data penulis menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisa data penulis menggunakan deskriptif kualitatif dengan mereduksi data kemudian mendisplay data berupa uraian singkat dan menyimpulkan secara fleksible agar menjawab rumusan masalah yang ada. Hasil penelitian Menunjukkan bahwa, (1) terdapat berbagai metode yang sangat efektif dalam implementasi pendidikan adab makan dan minum unthuk membentuk karakter yaitu penerapan praktek secara langsung, pelatihan, pengarahan serta pengkondisian pada setiap tindakan. (2) Peranan pendidikan adab makan dan minum terbukti berdampak sangat penting dalam pembentukan berbagai karakter hal ini terbukti dengan tercapainya berbagai indikator terbentuknya karakter kebaikan pada diri peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 297.56 SYA I | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2018 11:20 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:25 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/298 |
Actions (login required)
View Item |