Pengaruh Adversity Quotient (AQ) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mapel PAI di SMAN 1 Pandaan

Muhammad Khoirur Rozi, 201586010070 (2019) Pengaruh Adversity Quotient (AQ) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mapel PAI di SMAN 1 Pandaan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN SAMPUL.pdf)
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (628kB)
[img] Text (LAMPIRA1.pdf)
LAMPIRA1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Motivasi belajar sangat diperlukan dalam proses belajar. Untuk menjaga agar motivasi tetap terjaga dengan baik, dibutuhkan perjuangan yang pantang menyerah agar dapat meraih hasil yang maksimal. Motivasi Belajar sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah Adversity Quotient (AQ) atau daya juang. Adversity Quotient (AQ) merupakan pengukuran kemampuan seeorang dalam merespon suatu tantangan dalam kehidupannya untuk mencapai keberhasilan. Keberhasilan ditentukan oleh seberapa besar motivasi seseorang untuk mewujudkannya. Berkaitan dengan permasalahan yang telah dikemukakan di atas, maka ditemukan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu. Pertama, Bagaimanakah tingkat Adversity Quotient (AQ) dan motivasi belajar peserta didik pada mapel PAI di SMA Negeri 1 Pandaan?. Kedua, Bagimanakah pengaruh Adversity Quotient (AQ) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Pandaan?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh antara Adversity Quotient (AQ) dengan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Pandaan. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri I Pandaan dengan jumlah sampel 27 responden yang diambil dengan teknik random sampling. Pendekatan yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik pengolahan data dan analisa data menggunakan program SPSS 15 for windows yang meliputi Pearson Product Moment untuk menguji validitas item, Cronbach's Alpha untuk menguji reliabilitas intstrumen pengumpulan data dan Pearson Product Moment untuk pengujian hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Adversity Quotient (AQ) yang dimiliki peserta didik di SMA Negeri 1 Pandaan tergolong tinggi dengan persentase sebesar 76,19%. Sedangkan motivasi belajar peserta didik pada mapel PAI juga tergolong tinggi dengan persentase 76,97%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Adversity Quotient (AQ) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mapel PAI di SMA Negeri 1 Pandaan. Besa ya pengaruh variabel Adversity Qoutient (AQ) terhadap variabel motivasi belajar PAI sebesar 27,4%. Dengan demikian terdapat pengaruh antara Adversity Quotient (AQ) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mapel PAI di SMA Negeri 1 Pandaan sebesar 27,4%, sementara itu sebanyak 73,6% motivasi belajar peserta didik pada mapel PAI di SMA Negeri 1 Pandaan dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 153.9 ROZ P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAskhabul Kirom, S.PdI, M.Ag, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Filsafat & Psikologi > Psikologi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 03 Aug 2019 13:17
Last Modified: 02 Mar 2022 06:44
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item View Item