Perbedaan Kreativitas Anak Usia Dini Yang Bermain Puzzle Dengan Yang Tidak Bermain Puzzle

Nurul Jannah, 201569110049 (2019) Perbedaan Kreativitas Anak Usia Dini Yang Bermain Puzzle Dengan Yang Tidak Bermain Puzzle. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka.pdf)
Daftar Pustaka.pdf

Download (316kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (sampul.pdf)
sampul.pdf

Download (1MB)

Abstract

NURUL JANNAH. 201569110049. Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 01 Agustus 2019. Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Pembimbing: Dra. Estalita Kelly. Pengembangan kreativitas anak TK perlu adanya suatu daya atau kemampuan untuk mencipta, untuk dipupuk dan dikembangkan melalui pendidikan sejak usia dini dengan alasan karena orang dapat mewujudkan dirinya, seperti permainan puzzle mendorong anak untuk berpikir kreatif karena dalam bermain puzzle anak mampu belajar mengidentifikasi tentang banyak hal, belajar menikmati proses sebuah kegiatan, belajar mengontrol diri mereka sendiri, dan belajar mengenali makna sosialisasi dan keberadaan diri di antara teman sebaya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya perbedaan kreativitas anak usia dini yang bermain puzzle dengan yang tidak bermain puzzle. Populasi pada penelitian ini adalah 35 anak yang terdiri dari 19 anak perempuan dan 16 anak laki-laki. Untuk sampel yang diambil yaitu semua anak untuk diobservasi kemampuan kreativitasnya terhadap permainan puzzle. Dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan formula estimasi kreativitas anak yang bermain puzzle dan kreativitas anak yang tidak bermain puzzle dan analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil perhitungan t-Antar sebesar 6.981 dengan db=33 diperoleh t-tabel sebesar 2.704 dengan demikian t-Antar > t-tabel 1%, berarti terbukti sangat signifikan atau ada perbedaan kreativitas antara anak yang bermain puzzle dengan anak yang tidak bermain puzzle. Dengan demikian maka hipotesis menyatakan “Ada Perbedaan Kreativitas Anak Usia Dini Yang Bermain Puzzle Dengan Yang Tidak Bermain Puzzle Diterima�. Kata Kunci: Permainan Puzzle, Kreativitas Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 153.3 JAN P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEstalita Kelly, M.Si, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Filsafat & Psikologi > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Date Deposited: 13 Oct 2019 08:24
Last Modified: 02 Mar 2022 06:44
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1053

Actions (login required)

View Item View Item