EFISIENSI PEMASARAN MANGGA DI DESA ORO-ORO OMBO KULON KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PASURUAN (STUDI KASUS DI GAPOKTAN TANI MAKMUR SEJATI)

Diana Putri Perdana, 201569070033 (2019) EFISIENSI PEMASARAN MANGGA DI DESA ORO-ORO OMBO KULON KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PASURUAN (STUDI KASUS DI GAPOKTAN TANI MAKMUR SEJATI). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (COVER.pdf)
COVER.pdf

Download (579kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Gapoktan Tani Makmur Sejati Desa Oro-Oro Ombo Kulon Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Penentuan responden petani yaitu berdasarkan purposive sampling. Penentuan responden lembaga-lembaga pemasaran mangga dilakukan dengan menggunakan teknik snowball sampling yaitu dengan melakukan penelusuran saluran pemasaran mulai dari petni/produsen hingga ke konsumen akhir. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah populasi sebanyak 245 petani mangga dengan niali eror sebesar 10% (0,1) sehingga sampel yang didapat yaitu sebanyak 71 petani manga yang ada di Gapoktan Tani Makmur Sejati. Analisis data yang digunakan untuk menegetahui efisiensi pemasaran yaitu menggunakan margin pemasaran, farmer's share, rasio keuntungan terhadap biaya. Terdapat dua saluran pemasaran yang ada di Gapoktan Tani Makmur Sejati Desa Oro-Oro Ombo Kulon Rembang Pasuruan yaitu saluran pemasaran I : Petani-Predagang Pengepul-Pedagang Pengecer-Konsumen Akhir, saluran pemasaran II : Petani-Konsumen Akhir. Margin pemasaran yang di dapat pada saluran pemasaran I yaitu sebesar Rp 14.000, sedangkan margin pemasaran antara pedagang pengepul dan pengecer yaitu sama-sama mendapatkan nilai sebesar Rp 7.000, dengan nilai farmer's share yang didapat yaitu 73,07% dengan rasio keuntungan 4%. Pada saluran pemasaran II yaitu mendapatkan margin pemasaran Rp 43.000 atau Rp 0 karena petani langsung menjual hasil panennya ke konsumen akhir tanpa perantara lembaga apapun, dengan nilai farmer's share yang didapat 100% sedangkan rasio keuntungan 8.5%. jadi saluran pemasaran yang efisien yaitu saluran pemasaran II. Kata Kunci : Mangga, Efisiensi Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer's Share, Rasio keuntungan Terhadap Biaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 658.8 PER E
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTeguh Sarwo Aji, SP .,MMA, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Date Deposited: 03 Nov 2019 11:37
Last Modified: 02 Mar 2022 06:45
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item View Item