PENGUKURAN KESEIMBANGAN LINTASAN PRODUKSI DENGAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT(RPW) PADA LINE 16 ASSY DI PT.X

Nurul Latifah, 201569030084 (2019) PENGUKURAN KESEIMBANGAN LINTASAN PRODUKSI DENGAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT(RPW) PADA LINE 16 ASSY DI PT.X. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (cover.pdf)
cover.pdf

Download (870kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text (lampiran.pdf)
lampiran.pdf

Download (636kB)

Abstract

Pesatnya revolusi teknologi telah menciptakan keadaan setiap perusahaan saling berkompetisi untuk menguasai pasar yang menuntut peningkatan produktivitas proses produksi. PT. X merupakan perusahaan dibidang automotif yang terletak di jawa timur. Permasalahan utama pada PT. X adalah nilai efisiensi lintasan produksi yang rendah terutama pada line 16 A. Adanya stasiun yang sibuk dan sebagian stasiun menganggur akibat dari perbedaan waktu siklus dari tidak meratanya pembagian beban kerja di stasiun kerja menyebabkan ketidakseimbangan lintasan produksi pada area kerja tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengukur keseimbangan lintasan dengan metode Ranked Positional Weight (RPW) yang dapat meningkatkan line efisiensi dari 83,82% menjadi 94,30% dengan total waktu menganggur turun dari 2,56 menit menjadi 1.16 menit dan stasiun kerja berkurang dari jumlah awal yaitu 9 stasiun menjadi 8 stasiun. Rekomendasi untuk perusahaan yaitu memberikan beban kerja secara merata pada setiap operator padasetiap stasiun kerja sehingga dapat menekan waktu menganggur (idle time) pada setiap operator serta menerapkan metode tersebut untuk menyeimbangkan lintasan pada area yang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 658.4013 LAT P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAyik Pusakaningwati, ST.,MM, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Date Deposited: 29 Oct 2019 12:25
Last Modified: 02 Mar 2022 06:47
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item