Implementasi metode Amtsilati dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan

Akhmad Khomsin, 201586020017 (2019) Implementasi metode Amtsilati dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (bab I.pdf)
bab I.pdf

Download (837kB)
[img] Text (bab II.pdf)
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab III.pdf)
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (bab IV.pdf)
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (bab V.pdf)
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (bab VI.pdf)
bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (bagian akhir.pdf)
bagian akhir.pdf

Download (338kB)
[img] Text (bagian awal.pdf)
bagian awal.pdf

Download (896kB)

Abstract

Pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan Islam yang banyak mengadopsi pembelajaran yang berbahasa Arab. Oleh karena itu Banyak siswa yang kurang termotivasi dan kurang kurang antusias dalam pembelajaran bahasa Arab terlebih pelajaran ilmu nahwu dan sharaf. Khususnya di pondok pesantren ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan. Dari keterangan tersebut, kita dapat menganalisis metode amtslilati, dengan mengetahui bagaimana pelaksanaan metode amtsilati dan kendalanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode amtsilati dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren ngalah dan kendalanya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Obyek dari penelitian ini adalah siswa asrama M yang mengikuti program ekstrakurikuler amtsilati yang berjumlah 14 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode triangulasi yaitu memadukan data yang berhasil di kumpulkan dengan yang terjadi di lapangan, dan dari perpaduan itulah ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode amtsilati dapat meningkatkan motivasi siswa. Hal itu bisa dilihat dari Sebelum dan sesudah mengenal metode Amtsilati. Sebelum mengenal metode amtsilati pembelajaran membaca kitab menggunakan model klasik (salaf) kurang efektif. Sedangkan setelah mengenal amtsilati motivasi siswa perlahan lahan mulai muncul, walaupun belum secara maksimal. Hal tersebut karena adanya kendala yang terjadi di lapangan antara lain (1) siswa tidak memahami materi pelajaran karena metode ini adalah metode yang baru dan siswa memiliki latar belakang yang berbeda baik dalam bahasa atau pendidikan sebelumnya (2) waktu yang diberikan di asrama ini tidak tetap dalam setiap minggu (3) perencanaan guru sebelum pembelajaran hanya tersurat tidak tertulis (4) lingkungan tidak mendukung program ini, hal itu terbukti dengan tidak adanya struktur kepengurusan. Rekomendasi dari peneliti adalah (1) mengadakan pembelajaran bahasa yang biasa digunakan dalam mempelajari kitab khususnya bahasa Jawa (2) menentukan waktu dan menambahnya (3) guru merencanakan pembelajaran secara tertulis (4) kepala asrama membentuk struktur kepengurusan program ini dan mengusulkannya kepada biro pendidikan pusat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 370.15 KHO I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaifullah, M.Pd., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 11 Nov 2019 15:27
Last Modified: 02 Mar 2022 06:47
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item