RANCANG BANGUN PENYEDIA LAYANAN INFORMASI PELAYANAN MASYARAKAT DI KANTOR KECAMATAN PANDAAN MENGGUNAKAN CHATBOT

Dinar Nur Safitri, 201769040002 (2021) RANCANG BANGUN PENYEDIA LAYANAN INFORMASI PELAYANAN MASYARAKAT DI KANTOR KECAMATAN PANDAAN MENGGUNAKAN CHATBOT. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201769040002_BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201769040002_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201769040002_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201769040002_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201769040002_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201769040002_COVER DEPAN.pdf

Download (860kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201769040002_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf)
201769040002_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merancang dan membangun WhatsApp chatbot sebagai penyedia layanan informasi pelayanan masyarakat di Kantor Kecamatan Pandaan dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efesiensi pelayanan masyakarat. Tools yang digunakan adalah dialogflow yang menerapkan metode NLP dan dibangun menggunakan metode waterfall. Chatbot menampung informasi antara lain alamat, kontak, website, jam operasional, pelayanan masyarakat yang meliputi berkas persyaratan, biaya, alur dan form pengajuan kependudukan. Adapun kontribusi pada penelitian sebelumnnya adalah implementasi dialogflow ke WhatsApp serta kelengkapan informasi yang tertampung pada chatbot. Dari pengujian yang dilakukan menggunakan black box testing, bahwa chatbot dapat merespon sesuai pengetahuan namun terjadi delay dalam pengiriman respon yang disebabkan oleh API server. Sedangkan untuk pengujian uji kuesioner sebesar 87% dari staf Kantor dan 81% dari masyarakat Kecamatan Pandaan. Hal tersebut menunjukkan responden sangat setuju bahwa chatbot ini mampu menjadi penyedia layanan informasi pelayanan masyarakat yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 005.5 SAF R
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorM. Imron Rosyadi, S.Kom., M.Kom, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Ilmu Umum dan Komputer
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Date Deposited: 12 Dec 2021 14:13
Last Modified: 08 Apr 2023 02:03
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item