Analisis Persepsi Konsumen dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Beras Premium

Mas'ud Mahendra, 201469070015 (2018) Analisis Persepsi Konsumen dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Beras Premium. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (aBagian awal skripsi.pdf)
aBagian awal skripsi.pdf

Download (883kB)
[img] Text (bBab 1.pdf)
bBab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (cBab 2.pdf)
cBab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (dBab 3.pdf)
dBab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (eBab 4.pdf)
eBab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (gBagian akhir.pdf)
gBagian akhir.pdf

Download (531kB)

Abstract

Dengan semakin maraknya penjualan beras premium sekarang ini perlu adanya kajian tentang perilaku konsumen berasterhadap keputusan pembelian beras premium. Hal ini didasarkan beberapa penelitian yang menyatakan bahwa pengetahuan dan pemahaman konsumen terhadap kualitas beras masih terbatas pada harga,rasa dan penampakan luar. Pemasalahan penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah proses keputusan kosumen dalam membeli beras premium (2) Bagaimana persepsi konsumen terhadap beras premium? (3)Bagaimanakah pengaruh faktor-faktor perilaku konsumen terhadap pembelian berasp remium? Tujuan penelitian ini adalah: (1)Mendiskripsikan proses keputusan konsumen dalam membeli beras premium. (2)Menganalisa persepsi konsumen terhadap beras premium. (3)Menganalisis pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian beraspremium. Daerah penelitian dilakukan di Kota Pasuruan ditentukan secara sengaja dan sampel adalah konsumen beras premium sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian pertama adalah deskripsi tabulasi untuk mengetahui proses pengambilan keputusan pembelian produk. Sedangkan untuk menjawab tujuan ketiga yaitu untuk mendapatkan faktor apa saja yang berpengaruh terhadap pembelian beras premium oleh konsumen digunakan analais regresi logistik. Target luaran dalam penelitian ini adalah publikasi ilmiah yang akan dimuat dalam ju al ilmiah nasional terakreditasi dan ju al ilmiah nasional terindeks dalam DOAJ. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagian besar konsumen yang membeli beras premium adalah ibu rumah tangga umur 31-40 tahun lulusan Sekolah Dasar dengan pendapatan rumah tangganya sebesar Rp. 2.100.000 – Rp. 3.000.000 dan jumlah anggota keluarganya 4 orang. Dalam proses pengambilan keputusan pembelian ada lima tahap yang dilalui konsumen antara lain: pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alte ative, keputusan pembelian, perilaku pasca pembelian. Persepsi konsumen terhadap beras premium dilihat dari aspek harga, kualitas (wa a, rasa/kepulenan, aroma, keseragaman bulir beras, kebersihan), dan daya tahan. Sebagian besar konsumen memiliki persepsi bahwa harga beras premium lebih mahal dari beras medium atau curah. Sebagian besar konsumen memiliki persepsi bahwa wa a, daya tahan, dan kebersihan beras premium sama baik dengan beras medium atau curah. Dan sebagian besar konsumen memiliki persepsi bahwa rasa/kepulenan, aroma, dan keseragaman bulir beras premium lebih baik dari beras medium atau curah. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian beras premium antara lain rasa/kepulenan, keseragaman bulir beras, aroma, harga, kebersihan, wa a, dan daya tahan. Dari beberapa faktor tersebut, faktor rasa/kepulenan, keseragaman bulir beras, dan aroma memiliki pengaruh yang signifikan. Sedangkan faktor harga, kebersihan, wa a, dan daya tahan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian beras premium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 658.8342 MAH A
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWenny Mamilianti, SP., MP., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Date Deposited: 04 Aug 2018 08:21
Last Modified: 02 Mar 2022 06:22
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item