Aisyah Novitasari, 201769070008 (2021) Analisis Saluran Pemsaran Bunga Sedap Malam Di Desa Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201769070008_BAB I.pdf Download (464kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201769070008_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201769070008_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201769070008_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201769070008_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201769070008_COVER DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201769070008_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) |
|
Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf)
201769070008_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, lembaga pemasaran, fungsi-fungsi pemasaran yang terbentuk di Desa Rembang. Serta menganalisis efisiensi pemasaran bunga sedap malam di Desa Rembang ditinjau dari pendekatan margin pemasaran, farmer’s share dan juga rasio keuntungan terhadap biaya. Metode penelitian menggunakan analisis margin pemasaran, farmer’s share, efisiensi pasar dan juga rasio keuntungan terhadap biaya. Daerah penelitian diambil secara sengaja (purposive) yaitu Desa Rembang Kecamatan Rembang. Metode pengambilan sampel petani secara simple random sampling sedangkan sampel pedagang secara snowball sampling. Sampel petani diambil sebanyak 30 petani bunga sedap malam sedangkan sampel pedagang terdiri dari 4 orang pengepul, 2 orang pedagang besar dan 6 orang pengecer. Data yang diambil berupa data primer dan data sekunder dengan teknik wawancara, pencatatan dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga tipe saluran pemasaran bunga sedap malam di Desa Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan yaitu, saluran I : Petani – Konsumen. Saluran ke II : Petani – Pengepul – Pengecer – Konsumen. Saluran ke III : Petani – Pedagang besar – Pengecer – Konsumen. Dari ketiga saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran I karena tidak terdapat margin pemasaran dan nilai share 100%. Saluran II nilai margin pemasaran sebesar Rp. 4.800/kg dengan nilai share 20% dan pada saluran III nilai margin pemasaran sebesar Rp. 2.500/kg dengan nilai share 33,33%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 658.839 NOV A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Teknologi & Ilmu Terapan > Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan | ||||||
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis | ||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2021 10:10 | ||||||
Last Modified: | 10 Apr 2023 01:35 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1694 |
Actions (login required)
View Item |