Pengaruh Penggunaan Metode Imla’ Ghairu Mandzur Terhadap Motivasi Maharah Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab siswa Kelas X IPS MA. Nurul Hidayah Lecari Sukorejo

Moh. Ali Hisam, 201786020040 (2021) Pengaruh Penggunaan Metode Imla’ Ghairu Mandzur Terhadap Motivasi Maharah Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab siswa Kelas X IPS MA. Nurul Hidayah Lecari Sukorejo. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786020040_BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786020040_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786020040_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786020040_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786020040_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786020040_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786020040_COVER DEPAN.pdf

Download (996kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786020040_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

Mahara Kitabah (kemampuan Menulis) merupaka sebagian dari empat teori dalam pembelajaran bahasa arab diantaranya adalah mahara istima’(kemampuan mendengar) artinya teori tersebut membahas tentang bagaimana kemampuan seorang dalam mendengarkan Bahasa Arab, dan Mahara Kalam (Kemampuan Berbicara) artinya teori tersebut membahas tentang bagaimana kemampuan seorang dalam berbicara bahasa arab, dan Mahara Qira’ah ( Kemampuan Membaca) artinya teori tersebut membahas bagaimana kemampuandalam membaca bahasa arab. Akan tetapi dalam penelitian ini berfokuskan tentang Mahara Kitabah,khususnya imla’, juga disebut dengan metode Dikte, metode Imla terdiri dari beberapa metode diantaranya adalah Imla’ Manqul (memindah), dan Imla Mandzur (melihat) , dan Imla Iktibaary (menguji) Penerapan Imla’ ini terbilang sulit karena di tujukan kepada Peserta didik yang suda mahir dalam semua teori Imla’, Imla Ikhtibary ini lebih layak ditujukan kepada peserta didik kelas SMA/MA selanjutnya imla’ Ghairu Mandzur (Al-Istima’i) dimana peserta didik dituntut untuk menyimak dengan bacaan seorang pendidik dengan cermat kemudian menulisnya langsung. Dan dari keempat macam teori ini hanya Imla’ Ghairu Mandzur (Istima’i) yang menjadi perhatian. Rumusan masalah yang dikaji dalam Skripsi ini adalah Bagaimanakah pengaruh penggunaan metode Imlah Ghairu Mandzur terhadap motivasi Mahara kitabah dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas X IPS di MA. Nurul Hidayah Lecari Sukorejo ? Berdasarkan rumusan masalah diatas penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa MA. Nurul Hidayah yang berjumlah 136 siswa, sampelnya menggunakan statistic purposive sampling yang mengambil hanya 20 siswa Kelas X IPS dari jumlah 20 siswa teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, dan teknis analisis data menggunakan uji korelasi product momen. Hasil penelitian yang telah didapatkan melalui data sekor siswa antara variabel X (Imla’Ghairu Mandzur) dan vareabel Y (motivasi belajar Bahasa Arab siswa) dengan إadanya nilai -.198 dari hasil nilai tersebut dapat diambil kesimpilan bahwa hubungan antara vareabel X dan vareabel Y sangat renda atau jauh dari korelasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 HIS P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Nur Rahmatullah, M.SI., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 17 Aug 2021 08:47
Last Modified: 01 Jul 2023 02:40
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item