FENOMENA CLICKBAIT DI TRIBUNNEWS.COM DITINJAU DARI KODE ETIK JU ALISTIK INDONESIA PERIODE MARET 2018

Akhsanatul Mardliyah, 201469090020 (2018) FENOMENA CLICKBAIT DI TRIBUNNEWS.COM DITINJAU DARI KODE ETIK JU ALISTIK INDONESIA PERIODE MARET 2018. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (COVER.pdf)
COVER.pdf

Download (736kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)

Abstract

Berita-berita dengan judul fantastis mulai bermunculan demi menggaet banyaknya viewer yang akan berdampak pada trafik media pemberitaan online tersebut. Tragisnya judul-judul fantastis yang mereka suguhkan tidak sesuai dengan konten beritanya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena clickbait di media pemberitaan online tribunnews.com ditinjau dari kode etik ju alistik Indonesia periode Maret 2018. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik sampling dengan melakukan pengambilan sampel untuk menentukan objek dan data yang akan diteliti. Objek penelitian pada penelitian ini adalah teks berita-berita clickbait periode Maret 2018 di media pemberitaan online tribunnews.com. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz yang bertujuan untuk mengetahui dunia dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung atau berkaitan dengan sifat-sifat alami pengalaman manusia, dan makna yang ditempelkan kepadanya. Hasil penelitian menunjukkan 1) fenomena berita clickbait di tribunnews.com menyimpang dari kode etik ju alistik terkait keakuratan berita. 2) berita-berita clickbait di tribunnews.com berdasarkan CMC (Computer Mediated Communication) Holmes mempunyai bentuk komunikasi yang unik dengan membelokkan makna antara judul dan isi selain itu tribunnews.com melakukan integrasi informasi dari media lain untuk melakukan update berita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 070.4 MAR F
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad Aminuddin, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Jurnalisme
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Date Deposited: 12 Dec 2018 13:18
Last Modified: 02 Mar 2022 06:23
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item