PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WRITING IN THE HERE AND NOW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS X DI SMA 45 PURWODADI

Fatichul Huda, 201486010042 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WRITING IN THE HERE AND NOW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS X DI SMA 45 PURWODADI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I FATICHUL HUDA.pdf)
BAB I FATICHUL HUDA.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB II FATICHUL HUDA.pdf)
BAB II FATICHUL HUDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III FATICHUL HUDA.pdf)
BAB III FATICHUL HUDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV FATICHUL HUDA.pdf)
BAB IV FATICHUL HUDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V FATICHUL HUDA.pdf)
BAB V FATICHUL HUDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (FATICHUL HUDA.pdf)
BAB VI KESIMPULAN_ FATICHUL HUDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (FATICHUL HUDA_201486010042_PAI.pdf)
COVER DAN PENGESAHAN_ FATICHUL HUDA_201486010042_PAI.pdf

Download (421kB)
[img] Text (FATICHUL HUDA.pdf)
LAMPIRAN SKRIPSI_FATICHUL HUDA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fatichul Huda, Penggunaan Model Pembelajaran Writing In The Here And Now Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X di SMA 45 Purwodadi Pasuruan. Skripsi, Program Studi PAI Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan. Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Marzuki,S.PdI M.Ag Kata kunci: Model Pembelajaran, Hasil Belajar, dan PAI Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru pada pembelajaran PAI kelas X di SMA 45 Purwodadi masih terlihat konvensional. Masih dapat dijumpai cara menyampaikan bahan pelajaran semata. Model pembelajaran seperti ini, guru biasanya berdiri di depan kelas, menghadapi sejumlah siswa dan menjelaskan isi pelajaran. Siswa pada umumnya duduk dengan rapi mendengarkan penjelasan guru dan mencatat jika perlu. Perilaku siswa adalah duduk, dengar, catat, dan hafalan. Situasi kelas pada proses pembelajaran seperti ini bersifat pasif dan verbalistis. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai solusi adalah model pembelajaran writing in the here and now. Dengan model pembelajaran Writing in the here and now siswa akan melihat, mendengar dan merasakan, mengamati dan mempraktekkan sendiri, sehingga siswa akan lebih mudah dalam memahami materi pengajaran PAI. Berdasarkan pemaparan latar belakang di atas, dapat dirumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimanakah langkah-langkah model pembelajaran writing in the here and now dalam meningkatkan hasil belajar siswa PAI siswa kelas X di SMA 45 Purwodadi?; 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar PAI setelah menggunakan model pembelajaran writing in the here and now di kelas X SMA 45 Purwodadi?. Adapun tujuan penggunaan model ini yaitu agar siswa kelas X dapat meningkatkan hasil belajar PAI melalui penggunaan model pembelajaran writing in the here and now. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran writing in the here and now dalam penelitian sebagai berikut: a) guru menjelaskan tujuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran writing in the here and now, b) guru membagikan kertas polos untuk tempat siswa menulis, c) siswa membacakan hasil penulisan di depan kelas, e) guru dan siswa mendiskusikan hasil refleksi dan tindakan-tindakan baru sebagai tindaklanjut.; 2) Hasil belajar PAI mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan prosentase hasil nilai individu siswa dengan ketuntasan sebesar 82,61% atau sebanyak 19 siswa dengan rata-rata kelas 80,68. Siswa yang di bawah nilai ketuntasan minimal sebanyak 4 siswa atau sebesar 17,91%. Dan dalam proses pembelajaran diperoleh hasil dua orang siswa atau sebesar 8,70% yang memperoleh nilai di bawah standar, sedangkan 21 siswa menunjukkan nilai yang memuaskan dengan prosentase sebesar 91,30%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 HUD P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Ahmad Marzuki, S.PdI M.Ag, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 01 Sep 2018 09:52
Last Modified: 02 Mar 2022 06:24
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item